Janji Allah Swt, Harta yang Diinfakkan Akan Diganti

Apa saja yang diinfakkan untuk kebaikan karena Allah Swt, maka Dia siapkan gantinya dengan yang lebih baik. Karenanya, tidak akan berkurang harta yang diinfakkan. Seseorang yang yang dermawan, ia tidak akan menjadi miskin. Sebaliknya dengan infak, Allah akan lapangkan rezekinya. Allah Swt berfirman: Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. (QS. Saba: 39)


Baca juga Sedekah itu Kunci Rezeki


Dari ayat ini, Allah juga sanggah anggapan sebagian orang, kalau ia keluarkan infak maka akan miskin. Bahwa Allah yang mengatur rizki para hamba-Nya. Dialah yang melapangkan dan menyempitkan rezeki seseorang. Keyakinan ini juga menjadi penawar atas bisikan setan yang menakut-nakuti orang berinfak dengan kemiskinan sehingga tidak menginfakkanya dalam keridaan Allah.


Dalam Alquran Allah Swt menjelaskan: Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 268)


Baca juga Orang yang Tidak Diterima Infaknya


Rasulullah Saw bersabda: “Harta tidak akan berkurang sedikit pun dengan bersedekah, maka berikanlah dan janganlah kalian takut.” (Bihar al-Anwar, juz 96, hal. 131, hadis ke-62)


Imam Ali as berkata: “Barang siapa yang yakin (dengan janji) Allah untuk mengganti (harta yang diinfakkannya), maka dia akan selalu mengulurkan tangannya dalam pemberian.” (Nahj al-Balaghah, hikmah ke-138)


Imam Ja'far Shadiq as berkata: “Berinfaklah dan yakinilah bahwa akan ada gantinya.” (Bihar al-Anwar, juz 96, hal. 130, hadis ke-57)


Imam Shadiq as berkata : “Sesungguhnya, sedekah itu akan membebaskan pelakunya dari utang dan menggantikan keberkahan padanya.” (Al-Kafi, juz 4, hal. 9, hadis ke-1)




*Hadis dikutip dari Kitab Mizanul Hikmah