top of page

Peringati Hari Santri, Dana Mustadhafin dan Santri MA Shiddiqah Zahra Gelas Aksi Sosial


Banyak cara memperingati Hari Santri Nasional. Ada yang memperingati dengan pawai akbar dan ada juga yang memperingati dengan lomba di pondok pesantren. Sementara Madrasah Aliyah Shiddiqah Zahra, Condet, Jakarta Timur, memeriahkan Hari Santri dengan cukup unik. Para santri MA Shiddiqah Zahra melakukan kerja bakti bersih-bersih lingkungan di sekitar pesantren, Minggu, 22 Oktober 2023.


Bekerja sama dengan Dana Mustadhafin, aksi sosial ini mengusung tema "Santri Pelopor Persatuan Umat." Sesuai dengan temanya, sekitar 50 santri MA Shiddiqah Zahra terlibat bersama masyarakat sekitar, bahu-membahu satu sama lain, untuk membersihkan lingkungan, termasuk mushalla warga setempat.


Simak juga videonya:


Berikut fakta 5 menarik peringatan Hari Santri di MA Shiddiqah Zahra Jakarta:

1. Putih dan Gembira

Salah satu hal yang paling mencolok dalam tren "Santri Pelopor Persatuan Umat" adalah wajah-wajah gembira para santri di MA Shiddiqah Zahra Jakarta. Mereka mengenakan pakaian berbalut nuansa putih, yang menjadi ciri khas dari seorang santri. Warna putih ini juga mencerminkan kesucian dan kebaikan.


2. Pandawara versi Santri

Di Hari Santri, para pelajar di MA Shiddiqah Zahra Jakarta membersihkan lingkungan sekitar, dari got hingga mushalla. Kegiatan ini mengadopsi sikap dan nilai-nilai dari karakter-karakter dalam Islam. Mereka mencoba menghayati kebaikan, keadilan, dan solidaritas dalam aksi sosial ini. Apalagi dalam Islam dikenal dengan istilah "Kebersihan adalah sebagian dari Iman".


3. Warga Senang

Kegiatan ini juga memberikan kebahagiaan dan semangat positif kepada masyarakat sekitar. Warga sekitar Madrasah merasakan bahwa upaya santri untuk mengedepankan persatuan dan kebersamaan melalui kegiatan bersih-bersih ini adalah langkah yang sangat positif dan patut dicontoh.


Santri MA Shiddiqah Zahra membersihkan musala Aslamiyyah dekat pesantren mereka, pada Minggu 22 Oktober 2023

4. Bersih-bersih Masjid Bersama-sama

Salah satu kegiatan kolaboratif yang menarik adalah upaya bersih-bersih masjid sekitar oleh para santri. Ini adalah tindakan konkret kepedulian para santri terhadap rumah ibadah. Masjid dengan bangunan luas itu dapat dibersihkan denggan efektif dan efesien karena dikerjakan secara bersama-sama.


“Dengan rasa khidmat, kami dari MA Shiddiqah Zahra bekerja sama dengan Lembaga Sosial Masyarakat Dana Mustadhafin dan Masjid-masjid sekitar, harapan kami dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa gotrong royong di kalangan santri, serta lebih peduli dengan masyarakat dan lingkungan” ujar Ustadz Salman Eka.


5. Kejutan yang tak terduga

Perasaan senang dan haru terpancar dari rawut wajah marbot masjid, Agung Ramadhany. Ia tak menyangka para santri bergotong royong membersihkan masjid yang diajaganya, menurutnya kegiatan ini pertama kalinya dilakukan di masjid tempatnya. Ia berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan secara istiqamah agar rasa kepedulian pada masjid semakin tumbuh baik di kalangan santri, maupun masyarakat sekitar.


Dana Mustadhafin Peduli dan Terpercaya

留言


bottom of page