Program Kado 1000 Berkah Ramadan


Yayasan Dana Mustadhafin (YDM) dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan mengadakan beberapa program tahunan selama bulan suci ini. Di antaranya program 1000 Berkah Ramadan. Kegiatan ini rencananya akan diadakan pada pertengahan Ramadan 1442 H.


Eko Nugroho, selaku Manager YDM mengatakan bahwa, YDM pada bulan ini mengadakan tiga program utama, yakni di antaranya sosialiasi pengumpulan zakat, di mana YDM mengajak masyarakat Muslim secara khusus untuk menunaikan kewajibannya. Kedua progam 1000 Berkah Ramadan, yang berupa santunan yang diberikan kepada 1000 anak yatim dan dhuafa di wilayah Jabodetabek. Dan ketiga adalah program penerimaan dan penyaluran zakat fitrah pada akhir Ramadan.


Menariknya, menurut Eko untuk program 1000 berkah Ramadan ini karena di masa pandemi yang di mana harus beradaptasi dengan kondisi maka kegiatan diadakan secara virtual. Nantinya rencana akan ada panggung utama di mana penyelenggara dan pengisi acara berkumpul, dan peserta lain akan menyaksikan dari berbagai titik. Acara juga akan disiarkan secara live streaming di kanal Youtube Dana Mustadhafin dan secara tele-conference di aplikasi Zoom.


Santunan dan bingkisan tersebut akan didistribusikan dan diberikan secara langsung ke dua puluh yayasan dan panti yang membina anak-anak yatim usai kegiatan, tepatnya pada sore hari Rabu, 28 April 2021. Yang akan dilaksanakan kurang lebih dua jam, pada pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai.


Di antara yayasan penerima santunan tersebut ialah; Yayasan Ar-Ridha Indonesia dan Lentera Ilmu di Kawasan Tangerang, Yayasan Almuntazar di Jakarta Barat, Bunga-Bunga Qurani (BBQ) Cimanggis Depok, dan lain sebagainya.


“Sejauh ini beberapa mitra YDM sudah berkomitmen untuk mendukung kegiatan ini, di antaranya Bank DKI dan Kimia Farma, dan beberapanya insya Allah akan menyusul,” ujar Eko ketika berbicara tentang mitra yang mendukung kegiatan ini. Sebagai pengisi acara pada kegiatan ini akan diisi oleh Habib Ahmad Alaydrus, serta diisi juga para hafidz cilik, dan lagu salawatan.


“Kami mempunyai harapan besar, Dana Mustadhafin sebagai lembaga yang mengusung misi kemanusiaan tentu menaruh perhatian besar terhadap anak-anak yatim dan dhuafa. Banyak dari ayat suci Alquran dan hadis yang menceritakan keutamaan menyayangi anak-anak yatim. Oleh sebab itu di bulan yang suci ini Dana Mustadhafin tetap memberikan perhatian, mencurahkan kasih sayang dengan mengajak kepada seluruh pihak untuk juga menggembirakan anak-anak yatim dan dhuafa di bulan suci ini,” tutur Eko Nugroho menambahkan.