343 Orang Ikuti Vaksinasi Gratis RTC-Polda Metro Jaya


Relawan Tanggap Covid (RTC) menggelar kembali vaksinasi gratis untuk tahap kedua di halaman Kantor Yayasan Dana Mustadhafin, Rabu, 25 Agustus 2021.


Sebelumnya telah diadakan juga di tempat yang sama di Perkantoran Buncit Mas, Jakarta Selatan pada Rabu, 28 Juli 2021.


Program ini adalah kelanjutan dari program sebelumnya yang terselenggara atas kerja sama RTC dan Polda Metro Jaya.


Mengingatkan kembali bahwa RTC merupakan lembaga bentukan Dana Mustadhafin, DPW Ahlulbait Indonesia (ABI) Provinsi Jakarta dan Banten.


Baca juga: https://www.danamustadhafin.com/post/infografis-layanan-optimal-rtc-untuk-pasien-covid-19


RTC berdiri dalam rangka membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.


Oleh karena itu, Ketua Koordinator RTC Akhmad Hidayat beberapa waktu lalu mengatakan, vaksinasi diharapkan membantu pemulihan kesehatan masyarakat.


“Kegiatan ini diadakan untuk menjaga kesehatan kita, menghidupkan imun dan kekebalan tubuh," katanya dalam sambutan vaksinasi. "Insya Allah program vaksinasi yang kita selenggarakan bisa membuat kita semua dan bangsa Indonesia segera bebas dari pandemi Covid-19 dan bisa menjalani hidup dengan normal kembali.”


Pelaksanaan kali ini dipimpin oleh Kompol Arief Kurniawan. Sementara AKP Kharisma Arbita Bangsa menjabat sebagai wakil ketua.


Baca juga: https://www.danamustadhafin.com/post/menggapai-ketinggian-spiritualitas-dengan-sedekah


Program vaksinasi tahap kedua ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Menurut panitia pelaksana, pendaftar mencapai 359 orang, jumlah vaksin yang disiapkan 350 dan pendaftar yang lolos pemeriksaan kesehatan untuk menerima vaksin sebanyak 343 orang.


Peserta yang ikut serta berusia 12-17 tahun sebanyak 80 orang. Usia 18 tahun ke atas sebanyak 263 orang. Sementara itu terdapat juga peserta tunda atau TMS Vaksin sebanyak 17 orang, sehingga vaksin tersisa 13.


Pada umumnya peserta tahap kedua ini adalah mereka yang sudah ikut pada tahap pertama. Meski begitu, masih banyak warga yang belum divaksin ingin ikut serta pada program ini, hanya saja kuota yang telah disiapkan sudah terpenuhi.


Peserta vaksin juga mendapatkan sembako yang telah disediakan Dana Mustadhafin. Kegiatan ini berjalan aman, lancar dan tertib.


Di samping program vaksinasi gratis, RTC menyalurkan bantuan dan pelayanan kepada warga yang terpapar Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri (isoman.)


Menurut Akhmad Hidayat, pelayanan terhadap warga yang sedang isoman berupa pendampingan pasien, pemberian tabung oksigen, bantuan logistik, vitamin, suplemen, obat-obatan hingga makanan yang direkomendasikan dokter.


RTC juga melayani pemulasaraan jenazah Covid-19, termasuk pengantarannya dengan fasilitas ambulance.


Hingga 25 Agustus 2021, RTC membantu dan melayani secara intensif 171 orang pasien Covid-19 di wilayah Jabodebek dan Banten.