Menggapai Ketinggian Spiritualitas dengan Sedekah



Sedekah secara umum adalah memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya (di luar kewajiban zakat fitrah) sesuai dengan kemampuan pemberi dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dan semata-mata mengharapkan rida Allah Swt sebagai bukti keimanan seseorang.


Bersedekah ternyata juga dapat memberikan efek langsung kepada pendermanya yakni kebahagian spiritual. Sedekah juga akan mengangkat derajat seseorang, dalam sebuah hadis bahkan diriwayatkan sedekah akan menambah rezeki dan memperpanjang usia. Rasulullah saw bersabda: "Bersedekahlah kalian dan obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah, karena sesungguhnya sedekah itu menolak bencana dan penyakit, dan sedekah itu juga menambah umur serta kebaikan kalian."


Dengan sedekah diharapkan dapat memberikan manfaat bagi orang yang diberi (fakir miskin) dan dapat membersihkan jiwa pemberi sedekah. Sedekah merupakan amalan yang dapat menjadikan jiwa seseorang bersih nan suci. Sedekah memiliki sisi spiritual yang penting untuk diperhitungkan. Karena sedekah merupakan indikasi atau manifestasi keimanan seseorang dan sebagai bentuk kepekaan seorang hamba terhadap realitas sosial yang ada disekelilingnya.


Ketika seseorang merelakan hartanya untuk disedekahkan kepada orang lain dengan hanya mengharap rida Allah Swt maka Allah akan membantu dan mempermudah jalan menuju spiritiualitas yang lebih tinggi. Ketika seseorang memiliki spiritualitas yang tinggi ia akan menjadi arif dan bijaksana.


Untuk dapat menggapai spiritualitas yang tinggi yakni dekat dengan Tuhannya, seseorang mesti membumi terlebih dahulu, yaitu dengan menyanyangi makhluknya di muka bumi. Caranya antara lain dengan memperbanyak melakukan sedekah sebagai tanda kepedulian kepada kaum yang lemah. Semakin rutin seseorang melakukan sedekah, maka kekuatan spiritual dapat muncul atas kehendak Allah Swt. Dalam spiritualitas yang tinggi maka hidup memiliki arah dan tujuan yang jelas dan bijaksana dalam hidup, tentram jiwa, serta hidup harmonis dengan makhluk-makhluk-Nya.