top of page

Gerakan Orang Tua Asuh Dana Mustadhafin

Diperbarui: 10 Nov 2023


Pendidikan menduduki peran vital dalam melahirkan SDM unggul. Namun, berdasarkan Survey Ekonomi Nasional (Susenas) 2021, 76 % keluarga mengakui anaknya putus sekolah karena alasan ekonomi. Sebagian besar (67,0%) di antaranya tidak mampu membayar biaya sekolah, sementara sisanya (8,7%) harus mencari nafkah.


Demi membantu menekan angka putus sekolah itu, Dana Musthadafin menginisiasi Gerakan Dana Siswa. Gerakan ini melibatkan orang tua asuh (OTA) untuk membantu biaya pendidikan anak-anak dari keluarga prasejahtera mulai dari SD hingga SMA. Sekolah umum maupun pondok pesantren termasuk panti asuhan.


Dengan Gerakan ini, anak-anak dari keluarga prasejahtera mendapatkan bantuan dana pendidikan setiap tiga bulan sekali. Di samping itu, Dana Musthadafin melalui Divisi Pendidikan juga memberikan bimbingan berkala dalam rangka meningkatkan kapasitas keterampilan, intelektual dan mental tiap anak.


Saat ini, sudah 107 orang tua asuh (OTA) yang secara reguler terlibat dalam Gerakan ini. Sementara jumlah anak yang membutuhkan uluran bantuan dan terdata oleh Dana Musthadafin sebanyak 135 siswa.


Orang tua asuh ialah perseorangan yang telah menitipkan dana infak dan sedekah untuk mendukung program pendidikan khususnya untuk dana pendidikan siswa binaan Dana Mustadhafin.


Salah satu program pendidikan unggulan di Dana Mustadhafin ialah Gerakan Dana Siswa (GDS):

  1. Program menyalurkan beasiswa melalui kepada pelajar dan santri yang membutuhkan mulai tingkat SD hingga SMA se-Indonesia.

  2. Menjadikan program GDS sebagai alterniatif pembinaan dan pengembangan minat bakat.

  3. Mengembangkan karakter, kepribadian siswa dengan pembinaan keterampilan (soft skill), mental maupun spiritual (life skill).

Gerakan Dana Siswa (GDGs) ikut serta mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu:

  1. Mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk.

  2. Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.

  3. Memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua, untuk semua usia.

Kami mengajak Bapak/ Ibu para dermawan mendukung program pendidikan ini. Adapun dukungan bisa melalui web donasi :



atau

BCA 375 303 8198

MANDIRI 070 00 0660057 6

a.n Yayasan Dana Mustadhafin

(kode unik di akhir donasi 026, misal Rp 200.026)



Kami juga memfasilitasi minat dan bakat melalui pelatihan-pelatihan:


Terima kasih, sudah mengizinkan kami menyampaikan pesan ini. Semoga kita semua diberikan keberkahan dunia dan akhirat, derma Anda menjadi amal ibadah dan kita sekeluarga senantiasa dalam rahmat Allah Swt. Amin


Informasi:

📱 https://wa.me/6287841131360 (Call Center Dana Mustadhafin)


Dana Mustadhafin

Peduli dan Terpercaya

bottom of page