top of page

“Kiat Sukses UMKM” bersama Konsultan dan Pemerhati UMKM


Bapak Abdullah Juffri selaku Konsultan dan Pemerhati UMKM menyampaikan “Kiat Sukses UMKM” ke pelaku UMKM binaan Dana Mustadhafin pada 30 Agustus 2023 di kantor Dana Mustadhafin, dibilangan Kemang Utara, Jakarta Selatan.

Dana Mustadhafin memperkenalkan program empowerment atau pemberdayaan masyarakat melalui pinjaman modal tanpa bunga untuk pelaku Usaha Micro, Kecil dan Menengah (UMKM). Program ini berujuan membangun kemandirian ekonomi masyarakat.


Selain mendapatkan pinjaman, pelaku UMKM binaan Dana Mustadhafin mendapatkan pelatihan, monitoring dan evaluasi (monev). Salah satu pelatihannya ialah “Kiat Sukses UMKM” bersama Konsultan dan Pemerhati UMKM Bapak Abdullah Juffri. Pelatihan ini digelar pada 30 Agustus 2023 di kantor Dana Mustadhafin, Jakarta Selatan.


Pelatihan bersama Bapak Abdullah berlangsung selama 2 jam. Peserta diharapkan dapat memahami bentuk UMKM, berbagai jenis usahanya hingga teknik marketing. Di antara rumusan marketing yang dipelajari di sini ialah “Marketing Mix 7P” (Products, Price, Place, Promotions, People, Process) serta kiat sukses di era digital.

Program ini dihadiri 9 pelaku UMKM. Mereka memanfaatkan momen ini untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman selama menekuni dunia usaha. Jenis usaha mereka berupa usaha makanan, seperti membuat kue dan nasi kebuli hingga usaha konveksi dengan membuat baju. Para peserta antusias dengan banyak mengajukan pertanyaan terutama ibu-ibu pengusaha UMKM.


Reni Kartini selaku peserta menyampaikan rasa syukur atas adanya program ini. “Saya mengharapkan binaan dari Dana Mustadhafin yang akhirnya pertemuan hari ini membuat saya banyak belajar untuk kemajuan usaha saya. Terima kasih juga kemaren akhirnya bertemu dengan para pelaku usaha yang akhirnya kita bisa saling berbagi dan menjadi lebih semangat untuk saling memasarkan produk-produk,” kata Reni, pelaku UMKM dari Kembangan, Jakarta Barat dengan usaha makanan.


Reni ingin program seperti ini diadakan lagi tapi dengan materi tentang mental para pelaku usaha. Menurutnya, ketika usaha menurun terkadang mental pelaku usaha juga menjadi lemah. “Dan itu perlu support atau motivasi-motivasi kembali,” tambah Reni.


Pelaku usaha UMKM lainnya, Fatma Retno, menyampaikan, “Diskusi, pelatihan dan monitering sangat membantu bagi kami (para pelaku usaha) di samping menjalin silaturahmi. Di sini juga kami juga bisa sharing produk untuk menjaga semangat kami. Kegiatan semacam ini perlu diadakan setiap 3 bulan sekali misalnya guna untuk mengontrol bagaimana usaha kami, mengecek kewajiban pinjaman kami serta membangun percaya diri.”


Pelaku usaha bakery dan nasi kebuli dari Tangerang ini juga berkata, “Sebagai saran, kedepannya ditambah bantuan untuk pemasaran misal melalui media sosial atau seperti pemasaran ke Pusat Jajanan Serba Ada (PUJASERA) dengan berbagai produk dari pelaku UMKM binaa Dana Mustadhafin. Selain itu, dari packaging atau pengemasan perlu ada masukan yang lebih baik.”


Program pinjaman tanpa bunga dari Dana Mustadhafin dimulai sejak 2021 dengan sasaran para pelaku UMKM. Hingga saat ini, jangkauan program ini masih dalam wilayah Jabodetabek. Selama 2 tahun berjalan, jumlah penerima manfaat dari pinjaman modal tanpa bunga sebanyak 23 pelaku UMKM.


Kami mengajak kepada seluruh donatur untuk mendukung program-program kemanusiaan Dana Mustadhafin donasi Anda dapat di salurkan melalui:


Link Donasi https://www.donasidanamustadhafin.com/index.php?program=30


Atau melalui:

BCA 375 302 4111

BNI 799 8383 032

CIMB NIAGA Syariah 86 000 280 7100

A/n Yayasan Dana Mustadhafin


Karena dukungan yang Anda berikan, sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Dan semoga kebaikan yang diberikan para dermawan mendapat balasan yang terbaik di sisi Allah Swt.


Anda dapat mengikuti kami melalui:

📱 facebook.com/danamustadhafinfans

💬 instagram.com/danamustadhafin_/

📲 telegram.me/danamustadhafin

🌐 http://danamustadhafin.com

🎬 https://www.youtube.com/c/DanaMustadhafin



Comentarios


bottom of page