top of page

PERESMIAN FASILITAS AIR BERSIH DI DAERAH PERBUKITAN DI GARUT



Pada Minggu, 8 oktober 2023. Tim Dana Mustadhafin hadir di Kampung Dangdeur, Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut - Jawa Barat. Untuk meresmikan fasilitas air bersih di tempat tersebut.


Kampung Dangdeur secara geografis terletak di daerah perbukitan dengan kemiringan antara 25º - 40º dengan ketinggian antara 650 - 900 dpl. Sehingga lokasi tersebut sangat kering di musim kemarau serta mudah longsor saat musim hujan. Dimana sumber air untuk sebagian besar warganya masih mengandalkan sumur gali


Sejak bulan Juli 2023, Kampung Dangdeur mengalami kesulitan air besih terlebih pada musim kemarau ini. Dimana sebagian sumur-sumur warga menjadi kering dan warga harus mengambil disumber mata air yang cukup jauh dari pemukiman mereka.


Melalui Program Gerakan Air Bersih, Dana Mustadhafin kali ini berkolaborasi dengan Al Mawadah Foundation serta Permabi untuk memfasilitasi pengadaan air bersih bagi warga. Dimana proses pengerjaan memakan waktu sekitar 14 hari. Dimulai dari pengeboran sumber mata air, pembuatan penampungan air sampai dengan instalisasi dan pipanisasi.

Pada peresmian tersebut dihadiri pewakilan Dana Mustadhafin, perwakilan pemerintah Desa Sukaratu, Pengurus RT 04 Kampung Dangeur, Pihak Permabi serta warga masyarakat. Dalam sambutannya Mewakili Dana Mustadhafin. Habib Muammar Al Muhdor berpesan bahwa program Gerakan Air Bersih yang dicanangkan oleh Dana Mustadhafin bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses air bersih, terlebih mereka yang kesulitan air bersih. Dan ini merupakan kepedulian lembaga kami bersama para mitra. Untuk mengatasi persoalan kesulitan air bersih dimasa kemarau ini. Selain itu beliau juga berpesan agar masyarkat secara swadaya diminta untuk menjaga kebersihan dan memelihara fasilitas air bersih ini agar fasilitas ini dapat bermanfaat untuk jangka waktu lama.



Selanjutnya dalam sambutannya Ketua RT 04, Apep Abdurrohim. Pihaknya mewakili warga masyarakat Kampung Dangdeur, menyampaikan terima kasihnya sebesar-besarnya kepada Dana Mustadhafin dan semua pihak yang telah mendukung program ini. Karena apa yang diberikan hari ini diwilayahnya manfaatnya sangat terasa dirasakan. Terlebih didaerahnya saat ini mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Dengan bantuan air bersih ini menjadi solusi yang nyata untuk mengatasi kesulitan kami, ucapnya.


Program gerakan air bersih ini, telah dijalankan oleh Dana Mustadhfain sejak 2017. Dan para penerima manfaatnya tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Program ini juga tak lepas dari dukungan masyarakat luas. Melalui kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan donatur yang telah mendukung program ini. Semoga dengan dukungan yang Anda berikan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir, seperti mengalirnya air yang tiada henti.

Comments


bottom of page