top of page

Program Gerakan Air Bersih Dana Mustadhafin

Diperbarui: 2 Jul 2021


Air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di bumi ini. Kebutuhan akan air merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi. Namun, seiring dengan semakin massive-nya industrialisasi menyebabkan air bersih menjadi tercemar sehingga semakin sulit untuk mendapatkan air yang layak untuk dikonsumsi. Kelangkaan air bersih juga terjadi saat musim kemarau tiba.


Hal ini menyebabkan bencana tersendiri bagi manusia, karena dalam kehidupan keseharian kita tidak dapat terlepas dari kebutuhan akan air bersih, baik untuk minum, berwudu, mandi, memasak, sanitasi, serta lain sebagainya. Berdasar data yang diperoleh dari Kementerian Pekerjaan Umum pada tahun 2014, disebutkan bahwa hanya 47,71% dari total populasi Indonesia yang mendapatkan akses sumber air bersih.


Sadar akan hal ini, Dana Mustadhafin sebagai lembaga filantropi yang konsen dalam pengkhidmatannya kepada kemanusiaan menghadirkan program Gerakan Air Bersih guna memberikan ketersediaan dan akses yang mudah bagi masyarakat guna pemenuhan kebutuhan air bersih dan mewujudkan pemerataan pendistribusian air bersih di wilayah-wilayah sulit air yang berada di pelosok Indonesia.


Program ini diperuntukkan bagi lembaga yang sifatnya banyak dikunjungi publik, seperti masjid dan pesantren atau untuk masyarakat secara umum, namun sifatnya tidak untuk pribadi, dalam artian harus digunakan untuk kepentingan bersama. Bantuan dari program ini dapat berupa pembuatan sumur, jika sudah ada sumber airnya dapat dibuatkan instalasi penyediaan airnya, dari penyediaan toren, pipa, hingga mesin pompa airnya.


Tujuan utama dari program air bersih ini adalah guna membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih yang layak. Sejauh ini program air bersih ini telah menjangkau ke beberapa pelosok di Indonesia, dari pulau Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat.


Selama kurang lebih 3 – 4 tahun sudah lebih dari 20 titik program ini terealisasi. Terbanyak adalah meminta dibuatkan sumur. Untuk mendapatkan bantuan program ini seseorang atau lembaga dapat membuat proposal pengajuannya, nantinya pihak Dana Mustadhafin akan melakukan survei untuk mempertimbangkan kelayakannya mendapatkan bantuan program ini.


Program air bersih Dana Mustadhafin ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dengan mengajak berparsipisasi sebagai donatur untuk ikut menyejahterakan sesama dan sebagai amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center Dana Mustadhafin (087841131360).


Dana Mustadhafin

Peduli dan Terpercaya


bottom of page