top of page

Siswa GDS Peringati Isra Mikraj Nabi Muhammad saw dengan Kajian Keislaman

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al

Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar

Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.

Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Al-Isra:1)

Divisi Pendidikan Dana Mustadhafin menyelenggarakan Pembinaan Gerakan Dana Siswa (GDS) dalam rangka memperingati Yaumul Bi'tsah atau Isra Mikraj Nabi Muhammad saw. Kegiatan pembinaan dalam bentuk short course keislaman ini diselenggarakan pada Minggu 19 Februari 2023 secara virtual.


Pembinaan GDS pada bulan kedua tahun 2023 ini disampaikan oleh Sayyid Muhammad Al Hasni selaku Ketua Pimnas Pandu Ahlulbait. Sementara pesertanya merupakan penerima bantuan dana siswa GDS.


Selama satu setengah jam, Sayyid Muhammad memaparkan sejarah Islam berkaitan dengan peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad saw. Setelah itu, para siswa diajak diskusi interaktif seputar peristiwa Isra Mikraj. Tanya jawab membahas makna peristiwa ini, sejarahnya, bagaimana Nabi melakukan perjalanan tersebut, hingga nilai-nilai yang dapat diambil dari peristiwa Isra Mikraj.


“Seharusnya kita tidak hanya menyikapi sejarahnya setiap tahun. Tapi juga apa hikmah yang harus diambil,” kata Sayyid Hasni. Sebagai generasi baru harapan bangsa, peserta diharapkan memiliki kesadaran untuk motivasi diri meneladani dari Nabi Muhammad saw.


Hadir juga secara virtual Perwakilan Orang Tua Asuh Bapak Anandito Birowo menyampaikan kata sambutan. Dalam kata sambutannya Bapak Anandito berbagi wawasan tentang tantangan hidup di era digital. Menurutnya, sumber daya manusia pada era ini memerlukan kecakapan digital seperti the ABC (Artificial intelligence, Big Data dan Cloud Computing).


Selain itu, generasi pelanjut bangsa mestinya memiliki keterampilan di antara lain critical thinking, creativity, collaboration, communication. “Dan di dalam era internet ini, kita juga harus mempunyai etika berinternet sopan dan santun,” ujar Bapak Anandito yang berdomisili di Malang.

Acara ini diikuti oleh 70 siswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Pantia acara yang terdiri dari pembawa acara, pembaca Alquran, dan pembaca doa juga merupakan siswa-siswa binaan Dana Mustadhafin.


Gerakan Dana Siswa merupakan program penyaluran beasiswa untuk siswa dan santri binaan Dana Mustadhafin dari tingkat SD, SMP dan SMA dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain beasiswa, siswa dan santri menerima pembinaan karakter, keterampilan dan spiritual secara berkala.


Mari dukung program pendidikan ini melalui:


atau

BCA 375 303 8198

MANDIRI 070 00 0660057 6

a.n Yayasan Dana Mustadhafin


bottom of page