Webinar Pendidikan; Belajar Online Efektif di Era Normal Baru

Diperbarui: 6 Nov 2020

Mengisi masa libur panjang pada masa (Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Dana Mustadhafin juga melangsungkan kegiatan Webinar Pendidikan pada Sabtu, 20 Juni 2020. Anak-anak binaan diajak untuk berselancar di dunia Media Online dengan menghadirkan Pakar Pendidikan sebagai pembicara yaitu Bapak Munif Chatib, MA (penulis Buku Memanusiakan Manusia).

Bapak Munif Chatib, saat memaparkan materi tentang Belajar Online Efektif

Anak-anak didik dikenalkan bagaimana belajar di media online secara efektif. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan memanfaatkan sarana yang ada disekitarnya. Hal tersebut sekaligus untuk menumbuhkan kreatifitas misalnya mendokumentasikan video atau foto yang dapat kemudian dipublikasikan ke media sosial. Selain dari anak-anak binaan Dana Mustadhafin, peserta webinar juga dari kalangan pendidik dan umum. Webinar pendidikan via zoom dibatasi 100 peserta, serta live Youtube dan Facebook Dana Mustadhafin.

Terkait E-learning ada lima point antara lain; paradigma, gadget, software aplikasi, jaringan dan strategi. Perkembangan zaman sekarang masuk ke revolusi industri 4.0 yang dimulai dengan adanya komputer. Generasi milenial saat ini sangat cepat dalam merubah dunia. Yang mendominasi sekarang ini adalah dunia maya.


Dunia maya menguasai, kita sebagai pendidik atau orang tua, harus masuk ke paradigma sekarang adalah dunianya internet. Kalau kita tidak masuk, kita akan tergilas oleh kejamnya zaman ini.

Salah satu materi dari Bapak Munif, terkait dokumentasi strategi belajar