300 Orang Ikut Vaksinasi Gratis RTC dan Polda Metro Jaya


Relawan Tanggap Covid (RTC) menggelar vaksinasi gratis di halaman Kantor Yayasan Dana Mustadhafin, Perkantoran Buncit Mas, Jakarta Selatan, Rabu, 28 Juli 2021. Program ini terselenggara atas kerja sama RTC dan Polda Metro Jaya.


RTC merupakan lembaga bentukan Dana Mustadhafin, DPW Ahlulbait Indonesia (ABI) Provinsi Jakarta dan Banten. Berdirinya RTC dalam rangka membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.


Oleh karena itu, kata Ketua Koordinator RTC, Akhmad Hidayat, vaksinasi juga diharapkan membantu pemulihan kesehatan masyarakat. “Kegiatan ini diadakan untuk menjaga kesehatan kita, menghidupkan imun dan kekebalan tubuh," katanya dalam sambutan vaksinasi. "Insya Allah program vaksinasi yang kita selenggarakan bisa membuat kita semua dan bangsa Indonesia segera bebas dari pandemi Covid-19 dan bisa menjalani hidup dengan normal kembali.”


Selain Ketua Koordinator RTC, hadir juga Wakil Koordinator Vaksin Keliling Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Kharisma Arbita Bangsa dan sejumlah tokoh masyarakat. Dalam kesempatan yang sama, AKP Kharisma menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara acara.


“Kegiatan ini sejalan dengan program kami. Semoga apa yang dilakukan hari ini mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT,” ucapnya.


Ia mengatakan, masyarakat tempo dulu mengangkat bambu runcing untuk melawan penjajah. "Nah, sekarang dalam rangka melawan Covid-19, masyarakat diajak menyingsingkan lengan tangan untuk divaksin,” ujarnya.


Vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 13.00 WIB. Akhmad mengatakan, vaksinasi yang diikuti 300 peserta dari 314 pendaftar ini berlangsung tertib, aman dan lancar.


Dari total peserta, 79 orang berusia 12-17 tahun, dan 220 orang berusia di atas 18 tahun. Selain itu, 18 orang merupakan peserta tunda (TMS Vaksin) dan sisa vaksin sebanyak 3 orang. Vaksinasi juga diikuti oleh 25 siswa dari Akademi Bulutangkis Markus Gideon (Gideon Badminton Akademy).


Di samping vaksinasi gratis, RTC menyalurkan bantuan dan pelayanan kepada warga yang terpapar Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri (isoman.) Menurut Akhmad Hidayat pelayanan terhadap warga yang sedang isoman berupa pendampingan pasiens, pemberian tabung oksigen, bantuan logistik, vitamin, suplemen, obat-obatan hingga makanan yang direkomendasikan dokter.


RTC juga melayani pemulasaraan jenazah Covid-19, termasuk pengantarannya dengan fasilitas ambulance. “Hingga hari ini RTC sedang membantu dan melayani secara intensif 108 orang pasien terpapar Covid-19 di wilayah Jabodetabek,” ujar Akhmad Hidayat.