7 Orang Korban DBD, Tim Relawan Bergerak Cepat


Tim Dana Mustadhafin melakukan kegiatan fogging di RT 3 RW 11 Kelurahan Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi. Minggu, 7 November 2021.

Jakarta- Memasuki musim penghujan, kita harus tetap waspada bahaya DBD (Demam Berdarah Dengue) yang selalu mengancam.


Data Kemenkes yang dikabarkan per 3 Desember 2020, DBD telah tersebar di 472 kabupaten/ kota pada 34 provinsi. Dan telah mengakibatkan kematian sebanyak 661 dari 95.893 kasus.


Nyamuk penyebab DBD ini biasa menginfeksi pada pagi hari hingga sore atau menjelang petang. Penularan itu terjadi saat nyamuk telah menggigit korbannya dan menghisap darah orang yang sudah terinfeksi virus dengue lalu menggigit orang lain, disitulah penularan terjadi.


Adapun gejala yang dialami orang yang terinfeksi seperti demam yang tinggi hingga 40 derajat, nyeri kepala berat, nyeri pada sendi otot dan tulang, nyeri pada bagian belakang mata, nafsu makan menurun, mual dan muntah, pembengkakang pada kelenjar getah bening, ruam kemerahan sekitar 2-5 hari setelah demam, kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening, dan pendarahan dari hidung, gusi, atau pun di bawah kulit.


Dana Mustadhafin peduli kesehatan masyarakat dan berusaha berkhidmat salah satunya program fogging gratis. Program ini sudah berlangsung sejak 2014 dan melibatkan relawan yang sudah terlatih serta peran aktif masyarakat melalui edukasi pencegahan penyakit DBD.


Minggu, 7 November 2021, Dana Mustadhafin melakukan kegiatan fogging di RT 3 RW11 Kelurahan Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi. Dikabarkan korban DBD sebanyak 7 orang.



Program ini dilakukan secara intensif di berbagai daerah, khususnya wilayah Jabodetabek. Tim relawan Dana Mustadhafin begitu tanggap dan cepat merespon apabila ada permintaan penyemprotan. Dan tentunya kegiatan sosial ini melibatkan partisipasi warga sehingga sebelum penyemprotan sudah harus ada izin dari RT atau RW setempat.


“Pada tahun 2020, kegiatan ini telah dilakukan di 30 RT, rata-rata 4-5 kali sebulan. Warga sangat merasakan manfaatnya. Dan pada musim hujan seperti pada akhir tahun ini, intensitas program ini akan semakin tinggi. Masyarakat menyambut dan merespon dengan baik program fogging Dana Mustadhafin ini, ungkap Sukino selaku koordinator program.


Apabila Anda ingin berpartisipasi dan mendukung program ini, atau membutuhkan penyemprotan nyamuk di daerah Anda, atau informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CS Pelayanan Dana Mustadhafin 0813-8519-3714.


Dana Mustadhafin

Peduli dan Terpercaya