Bagaimana Teknologi Dapat Membawa Kemaslahatan


Teknologi adalah ilmu tentang cara menerapkan sains untuk memanfaatkan alam bagi kesejahteraan dan kenyamanan manusia. Teknologi berkembang seiringan dengan perkembangan zaman, dan kemajuan teknologi sangat bermanfaat untuk kemaslahatan umat.


Teknologi merupakan salah satu bentuk kemudahan yang diberikan oleh Allah. Selain itu, teknologi juga berguna bagi manusia untuk lebih mengenal dan mengagungkan Allah. Dengan adanya teknologi, kita akan menyadari bahwa kuasa Allah sangatlah besar dan kita sebagai hambanya harus mengimani kuasa tersebut.


Sejak awal kemunculan Islam, Allah Swt melalui nabi-Nya menyeru umatnya untuk menuntut ilmu demi peradaban manusia yang lebih maju, tujuan dari ilmu adalah menuju cahaya dan meninggalkan kegelapan. Orang yang memiliki ilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Di dalam Alquran terdapat ratusan ayat yang menyebut ilmu dan pengetahuan sebagai kualitas kemuliaan manusia. Allah berfirman: Allah meninggikan derajat orang orang yang beriman dan berilmu. (QS al-Mujadilah: 11)


Alquran mengajak pembacanya untuk mempelajari ilmu-ilmu kealaman, matematika, filsafat, sastra, dan semua ilmu pengetahuan yang dapat dicapai oleh pemikiran manusia. Dalam Islam menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban, baik untuk wanita maupun pria, dan untuk semua usia. Dalam hadits yang masyhur pun dinyatakan bahwa Rasulullah Saw menganjurkan kita untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina.


Teknologi adalah hasil ilmu pengetahuan, adanya teknologi adalah untuk memudahkan manusia melakukan berbagai aktivitasnya. Karena ilmu ada untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas hidup manusia itu sendiri. Misalkan teknologi pertanian adalah untuk meningkatkan hasil pertanian sehingga kebituhan manusia yang semakin banyak di muka bumi akan terpenuhi. Dari aspek agama, penemuan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi kemaslahatan manusia dan alam sekitar adalah amal jariyah yang tidak akan putus pahalanya dan kebaikan yang abadi. Pun dengan berbagai ilmu di segala bidang, seperti kedokteran, fisika, kimia, teknologi informasi, nuklir, dan otomotif.


Mempelajari sains akan mengungkapkan rahasia-rahasia ciptaan Allah kepada manusia dan menampakkan koherensi, keterpaduan, konsistensi, dan aturan di dalamnya. Ini akan memungkinkan manusia untuk menggunakan ilmu pengetahuannya sebagai alat untuk menggali kekayaan-kekayaan dan sumber-sumber yang tersembunyi di alam dan mencapai kesejahteraan material lewat penemuan-penemuan ilmiahnya.


Jadi, teknologi adalah sebuah keniscayaan dari kebudayaan manusia yang terus mencari kesempurnaanya dalam menjalani sejarah peradabannya. Teknologi akan manjadi maslahat apabila digunakan untuk sebuah kebajikan. Seperti yang sedang Anda baca sekarang, karena teknologilah dapat dibaca tulisan ini dari mana pun dan kapan pun. Namun akan menjadi musibah apabila teknologi digunakan untuk kejahatan. Kelak apapun yang kita manfaatkan di dunia ini akan dipertanyakan tanggung jawabnya. Maka, marilah kita gunakan teknologi dengan sebaiknya, demi peradaban dan kesejahhteraan umat manusia.