top of page

Dana Mustadhafin Gandeng Al Mawaddah dan RS Ibnu Sina Sragen Gelar Pengobatan Gratis

Diperbarui: 3 Jun 2023


Sragen- Bertepatan dengan momentum hari Kelahiran Pancasila, Kamis, 1 Juni 2023, Dana Mustadhafin bekerja sama dengan Al Mawaddah Foundation dan RSU Saras Ibnu Sina Sukowati, Sragen menggelar program bakti sosial berupa pengobatan umum gratis yang dilaksanakan di Desa Sambi, Sambirejo, Sragen, Jawa Tengah.


Kegiatan ini pun mendapatkan dukungan penuh dan dihadiri oleh dari perangkat desa setempat. Sambutan masyarakat pada acara ini sangat luar biasa dan antusias masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Terbukti sejak pagi hari mereka sudah berkumpul di meja pendaftaran untuk memanfaatkan layanan kesehatan gratis ini.


"Saya sangat senang hadir disini bersama peserta yang terdiri dari para lansia,' ujar Dr. Zaid Al Salami Perwakilan dari Al Mawaddah Foundation.


Ia menambahkan, acara hari ini bukan hanya cek up kesehatan gratis semata. "Namun juga memperkenalkan budaya saling tolong menolong bagi sesama". Bahkan, beberapa manula yang hadir, menurutnya, kemungkinan harus dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif.


Ustaz Muammar Almuhdhor sebagai perwakilan dari Dana Mustadhafin berharap, program layanan masyarakat ini dapat terus berlanjut. "Semoga semakin banyak partisipan yang membantu program-program Dana Mustadhafin," ucapnya.


Senada dengan ustaz Muammar, Direktur RS Saras Ibnu Sina Sukowati, dr. Juan Kusuma Dias Pratana berharap agar kegiatan sosial ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat.


"Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi warga sekitar," katanya. Ia juga mengatakan bahwa warga Desa Sambi memerlukan perhatian khusus terkait dengan kesehatan.


Selain itu, ia juga berharap kegiatan semacam ini tidak berhenti sampai di sini dan dapat terus berlanjut.


"Saya berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut. Untuk masyarakat Indonesia yang lebih baik lagi," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Desa Sambi selalu tuan rumah acara, Kresna Widya Permana S.T. menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselanggaranya acara ini.


"Kami sangat terbantu dengan pengobatan gratis dan pembagian sembako kepada masyarakat kami yang membutuhkan," tutur Kresna.


Ia juga mengucapkan terima kasihnya kepada Dana Mustadhafin, Al Mawaddah Foundation dan RS Ibnu Sina.


Selain mendapatkan pemeriksaan dokter dan cek gula darah, asam urat serta kolesterol warga yang datang berobat juga mendapat paket sembako gratis, alhamdulilah kegiatan berjalan baik dan lancar. Selama pengobatan gratis, melayani 150 pasien usia dewasa hingga lansia dan didukung oleh tenaga medis dari RS Ibnu Sina sejumlah 2 dokter, 4 perawat dan 4 apoteker. Semoga program ini bisa membantu peningkatan kesehatan masyarakat di Desa Sambi.


bottom of page