Keagungan Bulan Syakban dan Amalan-amalan yang Dianjurkan



Setelah melewati bulan Rajab yang disebut sebagai bulannya Allah Swt, kini telah tiba bulan Syakban yang dinisbatkan sebagai bulannya Rasulullah Saw. Umat Islam pun sangat mengagungkan bulan suci ini di mana banyak sekali keutamaan dan kemuliaan di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat dari keagungan bulan ini umat Islam banyak melakukan amalan-amalan mustajab seperti yang banyak diriwayatkan dalam banyak hadis.


Di dalam kitab Mafatih al-Jinan disebutkan bahwa Imam Ja’far Shadiq meriwayatkan dari kakek-kakeknya bahwa Rasululluah Saw bersabda: “Ajaklah berpuasa di bulan Syakban orang-orang yang ada di sekitarmu! Setiap kali Rasulullah saw melihat hilal bulan Syakban, beliau memerintahkan seorang penyeru di Madinah untuk menyerukan: ‘Hai penduduk Madinah, aku adalah utusan Rasulullah Saw kepada kalian. Ketahuilah bahwa Syakban adalah bulanku, semoga Allah merahmati orang yang membantuku atas bulanku, yakni berpuasa pada bulan itu.”


Disebutkan dalam hadis di atas kenapa Syakban menjadi agung karena bulan ini adalah bulannya Rasulullah, untuk mendapatkan keagungannya kita dianjurkan untuk berpuasa dan mengajak orang-orang di sekitar kita untuk juga menunaikannya. Dengan berpuasa disebutkan bahwa kita ikut membantu Rasulullah Saw, bukankah kita ini umatnya? Maka seyogyanya kita menaati apa yang Rasul Saw perintahkan.


Imam Ja’far Shadiq as juga meriwayatkan bahwa ketika bulan Syakban tiba, Imam Ali as-Sajjad as mengumpulkan sahabat-sahabatnya seraya berkata: “Para sahabatku! Tahukah kalian ini bulan apa? ini adalah bulan Syakban dan Rasulullah saw bersabda ‘bulanku’, oleh karenanya maka berpuasalah kalian demi meraih kecintaan Nabi kalian dan demi mendekatkan diri kepada Tuhan kalian.


Demi Tuhan yang jiwa Ali bin Husain berada di tangan-Nya, saya bersumpah bahwa saya pernah mendengar dari ayahku, Husain bin Ali as dimana ia berkata, ‘Saya pernah mendengar dari Amirul Mukminin as bahwa barang siapa berpuasa di bulan Syakban demi meraih kecintaan Nabi saw dan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt niscaya Allah mencintainya dan pada hari Kiamat Dia pasti meliputinya dengan karamah-Nya dan mewajibkan surga untuknya.’”


Dengan berpuasa di bulan ini kita akan mendapatkan kecintaan dari Rasulullah Saw dan demi mendekatkan diri kepada Allah Swt, dan ketika dating Kiamat nanti Allah akan memberikan karamah dan mewajibkan surga. Subhanallah…


Selain berpuasa di bulan agung ini juga dianjurkan, di antaranya

- Memperbanyak shalawat

- Bersedekah

- Membaca doa munajat Sya'baniyah


Serta masih banyak lagi amalan yang setiap harinya bisa berbeda-beda, lebih lengkapnya bisa merujuk di Mafatatih al-Jinan, atau download ebook ini Amalan Lengkap Bulan Syakban


*Disadur dari Mafatih al-Jinan dan Wikishia.net