Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat


Hari jumat adalah hari yang paling mulia di antara hari yang lain. Di hari ini, kebajikan apapun yang dilakukan muslimin akan digandakan pahalanya, begitupun apabila melakukan kejahatan. Kebajikan yang paling utama adalah ketika kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Bagaimana kita bisa bermanfaat bagi orang lain?.


Tentu dengan memberikan bantuan apa yang mereka butuhkan, dan sedekah adalah cara yang mudah untuk dilakukan, karena hanya dengan sedikit menyisihkan dari harta yang dimiliki sudah cukup membuat mereka yang membutuhkan tersenyum.


Sedekah adalah kewajiban setiap muslim, apabila ini dilakukan dengan ikhlas dan berasal dari sumber yang halal tentu pahalanya tak terkira, apalagi jika dilakukan di hari jumat yang mulia. Sebagaimana disabdakan, “Dan di hari jumat pahala bersedekah dilipatgandakan."

Sayyidina Muhammad Bagir ra berkata, “Sedekah pada hari jumat itu dilipatgandakan (pahalanya), karena keutamaan hari Jumat dibandingkan hari-hari yang lain.”


Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut harta menjadi habis jika kita melakukan bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Allah Swt berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS. al-Hadid: 18).


Keutamaan lain dari bersedekah adalah dapat memperpanjang umur kita dan mencegahnya dari kematian yang buruk. Seperti disabdakan Rasul saw “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”


Begitu banyak keutamaan sedekah di hari jumat, untuk itu Yayasan Dana Mustadhafin mengajak saudara semua untuk bersedekah di hari agung ini. Salurkan sedekah Anda melalui rekening:

BCA 375 303 8198 MANDIRI 070 00 06600576 a.n Yayasan Dana Mustadhafin

kode unik di akhir nominal 026, misal Rp 100.026

(Dana Siswa, untuk siswa binaan Dana Mustadhafin)