Keutamaan Bulan Ramadan


Rasulullah saw bersabda mengenai keutamaan bulan Ramadan, “Dia adalah bulan yang awalnya adalah rahmat, tengah-tengahnya adalah pengampunan, dan akhirnya adalah pengabulan dan pembebasan dari api neraka.”


Bulan Ramadan adalah bulan yang paling mulia, bulan ini juga disebut sebagai bulannya Allah. Bahkan dikatakan bulan ini lebih utama dari 1000 bulan, sebagaimana disabdakan Nabi saw, “Telah datang bulan Ramadan kepada kalian, buIan penuh berkah, di dalamnya terdapat lailatulqadar yang lebih baik daripada seribu bulan…”


Umat Islam selayaknya mengetahui fadhilah dari bulan ini supaya tidak melewatkannya dengan ibadah yang Allah Swt dan Rasul saw anjurkan. Menurut para ulama pemahaman terhadap keutamaan dalam melaksanakan setiap amal shaleh akan menjadi penyemengat sekaligus akan mendorong kepada peningkatan ketaqwaan seseorang.


Bulan suci Ramadan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan. Rasulullah saw bersabda, “Seandainya para hamba mengetahui (berkah) apa yang terdapat di dalam Ramadan, niscaya mereka akan menginginkan bulan Ramadan selama setahun.”


Sayyidina Muhammad Bagir ra berkata, “Bulan Ramadan…, orang-orang yang berpuasa di dalamnya adalah para tamu Allah dan ahli kehormatan-Nya. Sesiapa yang masuk ke dalam bulan Ramadan maka dia berpuasa pada siang harinya dan bangun untuk melakukan salat pada malam harinya serta menjauhi apa yang diharamkan oleh Allah kepadanya. Maka (kalau semua itu dilakukan), dia akan masuk surga tanpa dihisab.”


Begitu utamanya bulan Ramadan ini hingga dijanjikan untuk kita surga tanpa hisab, apabila kita dapat melewatinya dengan ibadah-ibadah yang dianjurkan. Bulan ini adalah musim seminya pahala dan ampunan atas segala dosa. Rasulullah saw bersabda, “Kenapa dinamakan Ramadan, karena dia menghapuskan dosa.”


Rasulullah saw juga bersabda, “Sesiapa yang berpuasa Ramadan, serta mengetahui hukumnya, menjaga apa yang seharusnya dijaga pada bulan itu, niscaya akan ditutup (dosanya) yang sebelumnya.”


Diriwayatkan dai sahabat Abdullah bin Jabir bahwa Rasulullah saw berkata, “Pada bulan Ramadan, umatku diberikan lima hal yang tidak diberikan kepada umat sebelumnya.

Pertama, ketika pada malam pertama bulan Ramadan, Allah melihat kepada mereka. Sesiapa yang melihat kepada-Nya, maka dia tidak akan diazab selamanya.


Kedua, sesungguhnya bau mulut mereka -ketika mereka bernapas- di sisi Allah lebih harum ketimbang bau minyak kesturi.


Ketiga, para malaikat memohon ampunan bagi mereka baik pada siang maupun malam hari.


Keempat, Allah rnemerintahkan surga-Nya untuk memohon ampunan dan berhias untuk hamba-hamba-Nya, sehingga hampir saja rasa letih duniawi hilang dari diri mereka. Allah mengabulkan permohonan surga, sehingga akhirnya mereka masuk surga dengan segala keagungannya.


Kelima, ketika tiba akhir malam, Allah akan mengampuni semua dosa mereka (orang yang berpuasa).”


Mengingat berbagai keutamaan Ramadan tersebut di atas, maka sangat disayangkan bila Ramadan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shalih. Semoga ramadan tahun ini akan lebih baik dalam hal amalan ibadah daripada tahun-tahun sebelumnya. Ilahi Aamiin..