Khitanan Massal Gratis, Khidmat Akhir Tahun 2020


Peserta khitanan massal gratis, bertempat di kantor Dana Mustadhafin

Di masa pandemi Covid-19 ini, Dana Mustadhafin tetap berkidmat melalui program akhir tahun kepada masyarakat, salah satunya Kegiatan Khitanan Massal Gratis dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan.


Kegiatan khitanan pada masa pandemi ini dibagi 2 tahap, yaitu di wilayah Jakarta dan Kota Bekasi dengan tujuan membatasi jumlah kerumunan massal. Pada minggu, 29 November 2020 Dana Mustadhafin menyelenggarakan Khitanan Massal Tahap I yang diikuti 16 anak dari berbagai wilayah sepeti Jakarta, Depok dan Tangerang.


Para peserta khitan, saat datang mendaftar wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ke tempat tunggu kemudian suhu tubuh di cek dengan termometer. Setelah mendaftar ulang ditempat pendaftaran peserta mendapatkan baju koko, sarung dan kopiah, kemudian peserta dipanggil untuk menjalani Rapid Test lebih dulu. Untuk peserta yang lulus Rapid Test, peserta khitan bisa langsung menuju ruang khitanan. Bagi yang selesai di khitan, terlebih dahulu diobservasi apakah terjadi pendarahan atau tidak. Jika tidak semuanya baik-baik saja peserta bisa langsung pulang dengan mendapatkan paket bingkisan, makan siang dan uang santunan.


Salah satu peserta khitan, mendapatkan bingkisan snack dan uang santunan

Pelaksanaan khitanan pun dibagi menjadi 2 kloter, kloter pertama pukul 08.00 WIB peserta 9 anak dan kloter kedua pukul 10.00 WIB peserta 6 anak. Acara khitanan selesai sebelum pukul 12.00 WIB.


Kami ucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah berkontribusi pada kegiatan ini dan juga kepada tim medis. Serta para relawan yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik.

Tim Medis, memakai baju APD dan protokol kesehatan lainnya