Meriahnya Khitanan Massal Di Ciledug– Kota Tangerang

Dalam rangka liburan anak sekolah Dana Mustadhafin menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial berupa Khitanan Massal di Sekolah Muhammadiyah, Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Kegiatan yang dilangsungkan pada hari Minggu, 19 Juni 2022 ini, berlangsung dengan sangat meriah. Para peserta khitanan bahkan sangat antusias sejak pukul 05.30 Wib telah mulai hadir meskipun acara baru dimulai pada pukul 07.30 Wib.


Pada kegiatan khitanan massal kali ini Dana Mustadhafin berkolaborasi dengan 2 (dua) organisasi masyarakat, yaitu Ormas Forum Komunikasi Anak Betawi atau Forkabi, Sudimara Barat, Kota Tangerang serta Ormas DPD ABI Kota Tangerang.





Acara tersebut dihadiri langsung Lurah Sudimara Barat, sebagai dukungan pemerintah Kota Tangerang beserta petugas keamanan baik unsur TNI dan Kepolisian serta para pengurus RT dan RW di lingkungan Kelurahan Sudimara Barat. Hadir pula para pengurus Forkabi dan Pengurus ABI serta pihak Dana Mustadhafin.


Pada kegiatan kali ini panitia akan melayani 100 anak yang terdaftar untuk dikhitan. Oleh karenanya Dana Mustadhafin mengerahkan sebanyak 13 relawan medis, terdiri dari 12 dokter dan Asisten serta 1 apoteker.




Acara diawali dengan seremoial terlebih dahulu, dari mulai pembacaan doa bersama. Selanjutnya launching penyerahan simbolis berupa rompi Relawan Dana Mustadhafin kepada dokter Iqbal selaku perwakilan dari tim medis. Acara dilanjutkan dengan penyuluhan dari dokter Iqbal terkait kegiatan khitanan ini. Dari penyuluhan tersebut disampaikan proses khitanan menggunakan sistem electrical cuter atau laser. Metode ini dipakai karena lebih cepat prosesnya, mengurangi pendarahan, serta penyembuhannya pun lebih cepat. Dan untuk para orang tua dihimbau untuk menjaga anaknya agar tidak melakukan aktivitas yang berlebihan pasca di khitan agar tidak menimbulkan pendarahan.


Selain itu pada kesempatan tersebut dijelaskan pula ada beberapa hal yang menyebabkan para peserta tidak dapat dikhitan, antara lain disebakan Hipospadia dan juga ada sebab lain yang penanganan-nya harus dirujuk ke rumah sakit.





Setelah penyuluhan dari tim media maka kegiatan khitanan ini dimulai secara bertahap dipanggil sesuai nomor antrian. Sebagai pembukaan acara juga dimeriahkan oleh mercon/petasan yang mengelegar sebagai salah satu tradisi masyarakat Betawi sebagai penanda atau pembuka sebuah pesta perayaan. Selain itu panitia juga menyediakan snack dan bubur ayam secara gratis bagi seluruh peserta khitan dan pengantar-nya.


Dalam sambutannya Bapak H. Jaini Marten, S.E. MM selaku Lurah Sudimara Barat sangat mendukung kegiatan ini terlebih acara ini sangat bermanfaat bagi warganya khususnya anak-anak untuk mendapatkan pelayanan khitanan secara gratis.


Hal sama juga disampaikan Bang Ibrahim selaku Ketua Forkabi Sudimara Barat, beliau mengatakan bahwa Forkabi mengucapkan terima kasih kepada Ormas ABI dan Yayasan Dana Mustadhafin dalam kolaborasi kegiatan sosial ini dan semua pihak yang membantu kelancaran kegiatan ini. Beliau juga menegaskan bahwa kegiatan ini murni kegiatan sosial tanpa embel-embel. Dan sebagai salah satu organisasi masyarakat, Forkabi juga ingin membuktikan kepada masyarakat bahwa ormas Betawi juga mampu berkiprah dan berkontribusi secara positif salah satunya dengan kegiatan khitanan massal ini.


Sementara itu Rusman Arief selaku ketua DPD Ahlubait Indonesia, Kota Tangerang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian khidmat ABI kepada masyarakat, sesuai dengan keberadaan ABI ditengah masyarakat sedapatkan mungkin berkontribusi. Salah satunya melalui kegiatan khitanan massal ini yang bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat.





Sambutan terakhir disampaikan oleh pihak Dana Mustadhafin yang disampaikan langsung oleh General Manager Ustaz Akhmad Hidayat. Beliau menyampaikan peran Dana Mustadhafin sebagai lembaga sosial dan kemanusiaan tentu menyambut positif kolaborasi ini. Sekaligus ini dalam upaya menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat dan islami melalui kegiatan khitanan massal ini.


Dana Mustadhafin juga mengucapkan terima kasih kepada semua para donatur dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.


Dan alhamdulillah sampai pukul 12.00 Wib seluruh peserta selesai dikhitan. Dari 100 anak yang terdaftar 96 anak yang telah berhasil dikhitan, 4 lagi gagal dikarenakan beberapa sebab. Seluruh peserta yang berhasil dikhitan masing-masing mendapatkan baju koko, sarung, kopiah, bingkisan snack dan uang santunan serta nasi box.


Para keluarga yang mengantarkan anaknya dikhitan menyatakan sangat terbantu dengan kegiatan ini dan mengucapkan terima kasihnya sebesar-besarnya kepada Dana Mustadhafin.


Dana Mustadhafin

#pedulidanterpercaya