Program Desa Binaan Dana Mustadhafin



Dalam rangka khidmat kepada masyarakat dan kemanusiaan, Dana Mustadhafin meluncurkan program Desa Binaan. Peluncuran ini setelah Dana Mustadhafin – hingga kini - menyokong pendirian Kampung Literasi di Desa Walatana, Sulawesi Tengah.


Program Desa Binaan ini sejatinya telah berlangsung lama dan optimal sejak tahun 2008. Lokasinya di Desa Tegal Angus, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten.

Namun baru diresmikan secara formal pada Desember 2020 yang disambut baik oleh pemerintahan desa setempat. Tak hanya itu, pemerintah desa siap bekerja sama dengan Dana Mustadhafin demi pemberdayaan masyarakat.


Pemberdayaan bertujuan agar warga desa, terkhusus masyarakat kampung Pondok Indah dan Pondok Karya, dapat hidup mandiri dan sejahtera. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, program menyediakan fasilitas seperti tempat ibadah/ mushola, rumah kreatif dan gedung serba guna.


Dengan demikian, warga dapat melakukan berbagai kegiatan positif seperti memanfaatkan mushola untuk ibadah, pendidikan agama untuk anak-anaknya (TPQ), kegiatan hari raya keagamaan, dan lain sebagainya.


Sementara di rumah kreatif, ibu-ibu dilatih untuk mandiri melalui program menjahit. Alhamdulillah, mereka kini bisa memproduksi produk-produk jahitan, mulai dari baju koko, kemeja hingga masker. Produk tersebut berhasil dipasarkan dan hasilnya mempunyai nilai ekonomi yang relatif besar.


Ada juga fasilitas gedung serba guna. Gedung bernama Ar-Ridho dapat dimanfaatkan untuk acara hajatan. Harga sewanya relatif murah dan terjangkau. Meski demikian, gedung Ar-Ridho memiliki fasilitas yang bagus.


Dana Mustadhafin berharap pemberdayaan yang tampaknya fisik ini dapat dioptimalkan menjadi sarana masyarakat memperkaya spiritualitas. Dengan menggelar kegiatan-kegiatan keagamaan, contohnya, akhlak dan budaya masyarakat setempat semakin baik lagi.


Bukan hanya itu, Dana Mustadhafin menyokong pemberdayaan ini dengan program layanan kesehatan pengobatan gratis, pemberian alat-alat keesehatan untuk usia balita sampai manula. Dan setiap Idul Adha tiba, Dana Mustadhafin menyalurkan bantuan sembako kepada mereka yang layak menerima.


Harapan selanjutnya, kampung binaan ini menjadi prototipe untuk dijadikan pilot project yang dapat dikembangkan di wilayah lain. Dana Mustadhafin telah memiliki gambaran untuk desa/ kampung binaan berikutnya.


Tapi program ini dapat terwujud dengan baik jika mendapat dukungan Pemerintah atau stake holder lainnya. Memberdayakan masyarakat dengan jumlah ratusan kepala keluarga tentu membutuhkan energy besar, baik berupa kesabaran, ketelatenan, pembiayaan, dan sumber daya manusia.


Jika tertarik dan ingin berkontribusi dengan program ini, Anda dapat menggali informasi lebih lanjut melalui Call Center Dana Mustadhafin 0878 4113 136.

Dana Mustadhafin Peduli dan Terpercaya