RTC Beri Layanan Optimal untuk Pasien Covid-19



Kurang lebih 1,5 tahun pandemi Covid-19 melanda dunia, varian baru dari virus ini muncul akibat mutasi genetik. Pemerintah pun kesulitan untuk segera menanggulangi wabah virus dan berbagai dampaknya.


Oleh karena itu, Dana Mustadhafin menginisiasi berdirinya lembaga ad hoc Relawan Tanggap Covid (RTC). Lembaga yang bertujuan membantu penanggulangan wabah Covid-19 ini berdiri atas kerja sama Dewan Pengurus Wilayah Ahlulbait Indonesia (DPW ABI) DKI Jakarta dan Banten.


Manajer Dana Mustadhafin, Eko Nugroho, mengatakan, RTC telah membantu 105 pasien Covid-19 di Jakarta dan Banten per 24 Juli 2021. “Layanan yang diberikan RTC kepada pasien bersifat menyeluruh: dari layanan telemedicine hingga pemulasaraan jenazah,” katanya.


Baca juga: PEDULI COVID DI MASA PPKM.


Layanan dan fasilitas diperuntukkan khusus untuk pasien yang positif terpapar Covid-19. Layanan telemedicine meliputi konsultasi pasien kepada dokter secara cuma-cuma.

Dari layanan ini, RTC dapat mengetahui kebutuhan pasien, terutama mereka yang sedang isolasi mandiri di rumah. Dengan demikian, RTC juga dapat memberikan layanan seperti pemberian obat-obatan, suplemen atau vitamin dan tabung oksigen.


“Jadi semua itu didasari kebutuhan pasien melalui konsultasi dari pihak dokter,” ujarnya.

Di samping itu, RTC memberikan layanan logistik semacam sembako bagi pasien isoman. Atau, bantuan berupa dana yang disesuaikan dengan kondisi. Bantuan ini diberikan lantaran pasien tidak bisa beraktivitas di luar rumah selama isoman.


“Tentu bantuan itu berdasarkan asesmen dari tim pemantau RTC. Relawan bergerak berdasarkan hasil asesmen dari tim pemantau. Setelah dinyatakan memenuhi kriteria penerima bantuan logistik, relawan akan segera bergerak,” tuturnya.


Layanan lainnya ialah pengantaran pasien atau jenazah yang terpapar Covid-19 dengan fasilitas ambulance. Tak hanya itu, RTC juga memberikan pelayanan pemulasaraan jenazah Covid-19. “Semua bentuk layanan ini dihadirkan RTC,” katanya.


Cara Mengakses Layanan RTC


Eko menjelaskan, seseorang yang telah positif terpapar Covid-19 berdasarkan bukti hasil Tes Swab Antigen, dan Tes PCR, maka ia dapat mendapatkan layanan telemedicine. Dia bersama keluarganya yang ikut positif dapat berkonsultasi dengan salah satu dari 50 dokter RTC.


“Jadi, ketika ada keluarga yang mau berkonsultasi, kami arahkan untuk melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu. Jika positif, kami akan arahkan untuk meminta rujukan. Dalam hal ini RTC sifatnya men-support pemerintah. Selain itu telemedicine juga memberikan semacam treatmen psikologi,” kata Eko.


Baca juga: LANJUTKAN GERAKAN PEDULI COVID.


Sementara layanan fasilitas ambulance bisa diakses setelah pasien mendapatkan rujukan rumah sakit. Apabila belum mendapat rujukan, RTC memberikan edukasi agar pihak keluarga pasien berkonsultasi kepada Puskesmas. Nah, kalau pasien telah menerima rujukan dari Puskesmas, tim RTC dapat mengantarnya ke rumah sakit dengan fasilitas ambulance.


Adapun pemulasaraan jenazah Covid-19, kata Eko, tim RTC sudah melakukan upgrading bagaimana menangani jenazah terpapar Covid-19. Meski demikian, RTC membutuhkan kerja sama pihak keluarga jenazah untuk berkoordinasi dengan rumah sakit.

“Intinya, sepanjang diamanatkan kepada kami, insya Allah kita siap,” ujarnya.


Sejauh ini, RTC telah membantu 105 pasien di Jakarta dan Banten dalam 15 hari. Dari total tersebut, sebanyak 85 pasien dari Jakarta dan sisanya Banten. Kebanyakan merupakan pasien bergejala ringan.


Bantuan obat-obatan telah diberikan kepada 46 kepala keluarga, tabung oksigen kepada 29 pasien di Jakarta dan 11 pasien di Banten serta pemberian oksimeter kepada 8 orang. Sebanyak 15 dari 105 pasien telah membaik dan 4 di antaranya telah sembuh


Vaksinasi Gratis


Pada Rabu 28 Juli 2021, RTC bekerja sama dengan Polda Metro Jaya akan mengadakan program vaksinasi dengan target 200 peserta. Agenda ini juga untuk mendukung program vaksinasi pemerintah.





Untuk mendukung RTC mari salurkan donasi terbaik Anda, melalui :

CIMB NIAGA Syariah 86 000 280 7100 BCA 375 302 4111 BNI 799 8383 032

a/n Yayasan Dana Mustadhafin.

(Sertakan kode unik dibelakang donasi dengan angka 019. Misal Rp 200.019)

Donasi Anda menyelamatkan Hidup Mereka.

Konfirmasi: https://wa.me/6287841131360