Tahun Baru Semangat Baru


Hampir dua tahun pandemi Covid-19 melanda dunia, tak terkecuali Indonesia. Dengan berakhirnya penanggalan hijriyah yang dipenuhi dengan pelbagai musibah kemanusiaan dan ribuan korban berjatuhan, kita berharap dengan datangnya tahun yang baru akan memberikan harapan yang baru pula, Covid-19 akan segera musnah, perekonomian nasional kembali pulih, dan yang kehilangan pekerjaan akan segera mendapatkannya kembali.


Muharam adalah awal dari perhitungan tahun hijriyah sehingga dapat dikatakan ini adalah momen tahun baru bagi umat Islam. Momen yang seyogyanya dapat menjadi harapan baru bagi kita untuk lebih semangat lagi meningkatkan hal-hal positif dalam hidup kita. Mari susun dan rencanakan agenda ke depan dengan resolusi-resolusi yang membuat kita termotivasi untuk dapat mewujudkan, misal dengan niatan tahun ini mau mulai menabung untuk pergi berhaji ke Baitullah.


Kita juga wajib bersyukur dan berterima kasih kepada Allah Swt yang telah membimbing kita di tahun yang sulit lalu. Sehingga kita tetap dalam naungannya, diberikan rezeki, kesehatan, dan ketetapan iman. Kesulitan yang telah dialami ini dapat menjadi pengingat untuk selalu bersyukur dan berbenah diri. Kita hamba yang dhaif ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kekuasaan-Nya.


Di tahun yang baru ini mintalah untuk diberkahi segala aktivitas, diberikan kesehatan dan kesempatan agar tangan, pikiran, dan jiwa dapat bermanfat untuk diri, keluarga, dan orang sehingga kita dapat berguna bagi banyak orang.


Tentu masih banyak harapan dan cita-cita yang kita ingin terwujud untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya pada masa yang akan datang. Oleh karenanya selagi memasuki bulan Muharram mari kita berdoa seraya berusaha dan bertawakal kepada Allah Swt pemilik kehidupan ini dengan terlebih dulu memperbaiki diri kita, niat, ibadah, salat, dan semangat bekerja agar doa yang kita panjatkan dikabulkan dan mendapatkan keberkahan dari-Nya.


“Ya Allah apa pun yang daku lakukan selama setahun dari amalan yang melanggar yang menyebabkan Engkau tidak rela dan daku lupa sedangkan Engkau tidak pernah lupa.

Engkau senantiasa memanggilku agar bertaubah setelah daku melakukan kedurhakaan padaMu.


Ya Allah sesungguhnya daku memohon ampunan terhadap semua kesalahanku maka ampunilah daku. Dan apapun yg daku amalkan yg mendekatkan diriku pada-Mu daku mohon agar engkau menerimanya dan jangan kecewakan harapanku pada-Mu duhai Yang Mahadermawan.” (Kutipan doa dari kitab Al-Iqbal)


Selamat Tahun Baru Hijriyah 1443