Istighfar dan Sedekah, Amalan Penuh Berkah di Bulan Rajab

Diperbarui: 6 Feb


Bulan Rajab adalah bulan Allah, Syakban bulan Rasulullah Saw, dan bulan Ramadan adalah bulan untuk umat Rasulullah Saw. Tiga bulan mulia yang diawali dengan Rajab yang agung ini telah kita masuki, seyogyanya sesuai anjuran dan perintah Ilahi kita sebagai muslim untuk meningkatkan amal ibadah untuk memperoleh limpahan berkah yang Allah Maha Pemurah berikan.


Disabdakan oleh Rasulullah Saw bahwasanya bulan Rajab adalah bulan Allah dan bulan yang sangat besar. Karena tidak ada satu bulan pun yang menyamainya dari sisi keutamaan dan kehormatan di sisi Allah Swt [Bihar al-Anwar, jil. 97, hal. 26].


Baca juga Rajab, Pintu Pertama Pembuka Kunci-kunci Surga


Bulan Rajab yang agung ini adalah kesempatan untuk kita semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan banyak melakukan amalan-amalan mustahab seperti salat sunah, puasa, doa-doa khusus, bersedekag dan bertaubat dari dosa-dosa yang lalu.

Salah satu cara yang sangat dianjurkan dalam bertaubat adalah dengan memperbanyak membaca istighfar di bulan ini, sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ja’far Shadiq as bahwa Rasulullah Saw bersabda:


“Bulan Rajab adalah bulan permintaan ampun umatku. Karena itu, mintalah ampunan di bulan ini sebanyak mungkin, karena Allah Maha Pengampun dan Penyayang. Bulan Rajab dinamakan Ashabb, karena rahmat Allah tercurah atas umatku di bulan ini. Perbanyaklah membaca di bulan ini Astaghfirullaaha wa as’aluhut-taubah (Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya).


Dalam hadis lain Rasulullah Saw bersabda: “Siapa saja membaca istighfar 100 kali dan mengakhirinya dengan sedekah maka Allah akan mengampuninya dan memberinya rahmat. Siapa saja yang membacanya 400 kali Allah akan memberinya pahala orang yang mati syahid dan pada Hari Kiamat Allah akan berfirman, ‘Aku telah berikrar pada malaikat-Ku untuk mengabulkan permohonannya.’”


Adapun bacaan istighfarnya adalah: Astagh-firullahal-ladzi la ilaha illa huwa wahdahu la syarika-lahu wa atubu ilaihi (Hamba memohon ampun pada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Tunggal dan tidak ada sekutu bagi-Nya dan hamba bertaubat kepada-Nya)


Baca juga Hal yang Dapat Membantu Menyucikan Jiwa


Pada hadis di atas dianjurkan setelah membaca istighfar dilanjutkan dengan langsung bersedekah agar dosa-dosa kita diampuni dan mendapatkan pahala berlimpah, yakni setara pahala orang yang mati syahid. Juga dari hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Ali as bahwa sedekah di bulan Rajab akan diberi pahala yang sangat besar, yang diibarakan oleh Rasulullah Saw sebagai berikut:


Barang siapa yang bersedekah di bulan Rajab, maka Allah akan memberikan pahala kepadanya pada Hari Kiamat pahala yang tidak pernah dilihat oleh mata dan didengar oleh telinga dan juga tidak pernah terlintas dalam pikiran manusia.” [Bihar al-Anwar, jil. 97, hal. 33]


Sumber Rujukan: Buku Keutamaan dan Amalan Bulan Rajab – Habib Husein Abuthalib Almuhdhor & Buku Amalan Lengkap Bulan Rajab – Habib Muhammad Taufik Ali Yahya