Kolaborasi Pengkhidmatan Berantas Nyamuk Penyebab DBD di Cikeusal Serang Banten

Diperbarui: 7 Des 2021


Fogging lebih efektif membasmi nyamuk, karena bisa menjangkau lebih luas hingga ke sudut-sudut ruangan yang sulit. Dengan semprotan atau pengasapan akan mematikan nyamuk-nyamuk dewasa, sehingga lingkungan bebas dari nyamuk-nyamuk yang berbahaya itu. Dan setelah fogging, masyarakat wajib lebih aktif lagi menjaga lingkungannya agar nyamuk-nyamuk penyebab DBD itu tidak muncul lagi. Dan metode 3M Plus adalah metode yang sangat bagus diterapkan dalam menghalau berkembang biaknya nyamuk aides itu.


Adapun singkatan dari 3M, antara lain: 1) Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain, 2) Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan, 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.


Baca juga: Waspada DBD Dana Mustadhafin Fogging Basmi Nyamuk Pembawa Virus Dengue

Kemudian Plus-nya itu adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti, 1) Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, 3) Menggunakan kelambu saat tidur, 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.


Dana Mustadhafin(DM) dengan program fogging gratis terus berupaya berkhidmat agar penyakit DBD yang sangat berbahaya itu bisa semakin turun drastis, dan lingkungan masyarakat bisa kembali nyaman dan sehat. Melalui program kerja DEPSOSBUDHUM, yang melibatkan ABI Banten beserta DPD-nya, melakukan fogging, tepatnya pada hari Minggu, tanggal 28 november 2021. Fogging dilakukan di Kampung Sawah, Desa Panyabrangan, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang Banten, tepatnya di RT. 10/RW. 04.


Baca juga: Ratusan Warga di Depok dan Jakarta Mendapat Manfaat Dari Layanan Fogging


Atas kegiatan ini, ucapan terimakasih dan syukur Alhamdulillah pun mengalir "Alhamdulillah program kerja DEPSOSBUDHUM berjalan dengan baik dan lancar, terimakasih saya ucapkan kepada, pak Sekjen, pak Wasek, pak Wakil Ketua ABI BANTEN, dan RT setempat, DPD KAB SERANG (Bapak Sukmala) team DEPSOSBUDHUM, serta saya ucapkan terkhusus team DM(mas kino cs ), semoga apa yang kita perbuat mendapat senyum dari shohibuzaman (imam mahdi). Allohuma sholi aala Muhammad wa aali Muhammad wa a'jil farojahum...


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya