Waspada DBD Dana Mustadhafin Fogging Basmi Nyamuk Pembawa Virus Dengue

Diperbarui: 7 Des 2021


Nyamuk Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus adalah nyamuk yang membawa virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Virus dalam tubuh nyamuk tetap hidup lalu kemudian ketika medapatkan gigitan baru pada manusia lainnya, maka penularan terjadi, demikian seterusnya.


Nyamuk pembawa virus dengue ini punya ciri-ciri sebagai berikut: Tubuh nyamuk berwarna coklat kehitaman, ukurannya tiga sampai empat centimeter, tubuh dan tungkainya ditutupi sisik bergaris putih keperakan, pada sisi kiri dan kanan nyamuk terdapat dua garis vertikal di bagian punggungnya, untuk nyamuk yang sudah tua sisiknya terkadang rontok, nyamuk DBD ini hampir tidak ada perbedaan antara jantan dan betina kecuali rambut di antena nyamuk jantan.


Baca juga: Ratusan Warga di Depok dan Jakarta Mendapat Manfaat Dari Layanan Fogging


Nyamuk ini menggigit di siang hari, tetapi bisa juga di pagi dan malam hari. Orang yang terinfeksi virus dengue ini mengalami demam dengue atau demam pelana kuda, biasanya berlangsung selama lima hari. Dan bukan cuma demam, setelah bekas gigitan nyamuk, pada tubuh penderita biasanya muncul ruam merah di wajah dan dada tapi segera hilang.


Lesu, sakit kepala, nyeri pegal linu sekujur tubuh terkhusus punggung dan persendian, adalah gejala awal DBD ini. Dan apabila tidak ditangani dengan segera, penderita DBB yang sudah mengalami syok bisa muntah, sakit perut yang begitu hebat, kesulitan bernafas, terjadi pendarahan, sampai-sampai kapiler darah bocor. Maka sebaiknya jika sudah ada gejala awal DBD, segera diperiksakan ke dokter, tidak boleh ditunda-tunda lagi.


Dari bahaya yang disebabkan virus dengue, masyarakat harus melakukan langkah-langkah pencegahannya, yaitu senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, baik di rumah sendiri dan sekitarnya, atau dimulai dari lingkungan RT hingga menyebar ke lingkungan yang lebih luas lagi. Kebersihan itu adalah sebagian dari iman, maka menjaga kebersihan adalah sangat penting.


Baca juga: Fogging Ditengah Ancaman Covid


Selain itu, bisa dengan melakukan fogging untuk membasmi nyamuk pembawa virus dengue ini. Dan Dana Mustadhafin telah menjalankan fogging gratis sejak tahun 2014 hingga kini, dan kali ini Dana Mustadhafin melakukan fogging di desa Kedung Waringin Kec. Bojong Gede, tepatnya di RT. 1-6 RW. 08, pada hari sabtu tanggal 13 November 2021. Saat Tim Dana Mustadhafin berkunjung melakukan fogging, dilaporkan sudah ada dua korban DBD.


Semoga kegiatan fogging ini memberantas sampai tuntas nyamuk pembawa virus dengue yang sangat berbahaya ini, dimulai dari wilayah jabodetabek.


Apabila Anda ingin berpartisipasi dan mendukung program ini, atau membutuhkan penyemprotan nyamuk di daerah Anda, atau informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CS Pelayanan Dana Mustadhafin 0813-8519-3714.


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya