Pandemi Covid, Waktunya Kembali Mengeratkan Nilai-nilai Kemanusiaan



Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini menyadarkan kita semua bahwa manusia adalah makhluk yang sangat lemah, bahkan untuk menghadapi makhluk yang sangat kecil saja tak berdaya. Manusia kini tengah dilanda ketakutan akan virus yang mematikan ini. Virus Covid-19 menyasar kepada siapa pun, tanpa melihat apa agama, suku, tua maupun muda. Dengan adanya fenomena ini sudah semestinya kita untuk kembali mengeratkan (meneguhkan) nilai-nilai kemanusiaan.


Di antara nilai-nilai kemanusiaan itu adalah kebajikan, kebenaran, dan kasih sayang. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini sudah seharusnya menyadarkan kita akan pentingnya hidup untuk saling mengasihi dan bahu-membahu satu sama lain. Sadar bahwa kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain, maka sudah selayaknya kita peduli dengan sesama.


Baca juga: Pugar Rumah, Saat Pandemi Covid-19


Patut dicontoh dari kisah yang sempat viral di media sosial tentang eratnya solidaritas dan gotong royong antar sesama warga di masa pandemi ini. Seorang warga yang terkena Covid-19 harus mengisolasi diri di rumahnya dan tidak boleh kontak dengan masyarakat agar tidak menginfeksi yang lain. Dengan kesadaran penuh para tetangganya pun bergotong royong bergantian membantu menyuplai makanan setiap harinya.


Ketika seorang harus isolasi mandiri maka otomatis ia sudah tidak mampu lagi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, misal bekerja atau membeli keperluan kesehariannya, sudah sepatutnya kita membantu memenuhi kebutuhannya, ini menjadi keharusan kita sebagai sesama, apalagi jika mereka tetangga kita. Sayidina Ali ra berkata: “Sebaik-baiknya kebaikan adalah bersolidaritas pada sesamanya.” Diriwayat yang lain juga beliau berkata: “Tidaklah dihitung teman orang yang tidak bersolidaritas dengan hartanya.


Baca juga: Memahami Lebih Dekat Hakikat Hidup Sehat di Masa Pandemi Covid-19


Yayasan Dana Mustadhafin pada masa pandemi ini juga secara gencar terus membantu dan menyalurkan infak dan sedekahnya kepada mereka yang membutuhkan, dari pembagian sembako untuk fakir dan duafa juga memberikan pelayanan kesehatan melalui program Mobil Sehat, serta berbagai program lainnya. Kesemuanya itu terealisasi dengan baik berkat kepercayaan yang diberikan para donator yang telah mengamanatkan hartanya untuk didistribusikan secara tepat guna.Maka mari bersolidaritas dan berkontribusi untuk meneguhkan nilai-nilai kemanusiaan dengan uluran tangan dan sedikit menyisihkan dari apa yang kita miliki untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan di masa pandemi ini.

Rekening Infak dan Sedekah:

BCA 375 302 4111

BNI 799 8383 032

CIMB Niaga Syariah 86 000 280 71 00

a.n Yayasan Dana Mustadhafin

Dana Mustadhafin

Peduli dan Terpercaya