Panen Bawang Realisasi Pemberdayaan Petani


Proses penanaman kembali bawang merah.

Contoh hasil panen petani bawang merah binaan Dana Mustadhafin

Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen-Jawa Tengah merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Secara geografis desa ini berada di lereng Gunung Lawu.


Dianugerahi tanah yang subur dan sumber air yang melimpah dari beberapa waduk, menjadikan sektor pertanian khususnya padi menjadi komoditas pertanian masyarakat desa. Maka tak heran dari data perhitungan BPS 2019 menggunakan metode KSA, kabupaten Sragen masuk dalam 10 besar kabupaten produsen beras nasional.


Baca juga: Menciptakan Pelaku Usaha Tangguh


Selain penghasil beras, saat ini potensi pertanian di Desa Jambeyan adalah padi organik, bawang merah dan cabe kriting. Melihat potensi ini, menjadikan wilayah ini dipilih oleh Dana Mustadhafin untuk menjalankan program pemberdayaan masyarakat khususnya bidang pertanian.


Dengan melakukan riset dan melihat potensi produksi serta prospek usaha kedepannya yang juga baik. Akhirnya Dana Mustadhafin memilih untuk mengembangkan program tanam bawang dengan melibatkan partisipasi para petani lokal.


Dan dalam menjalankan program pemberdayaan ini Dana Mustadhafin berkolaborasi dengan Al Mawaddah yang merupakan salah satu mitra Dana Mustadhafin. Dengan menyewa lahan garapan seluas 6000 meter persegi akhirnya program pemberdayaan tanaman bawang merah dimulai pada awal Juli 2021.


Program ini mampu menyerap 20 tenaga kerja petani lokal untuk diberdayakan, menariknya para petani muda ikut andil dalam program ini. Mulai dari proses pengolahan lahan, pembibitan, pemeliharaan sampai proses panen dibutuhkan waktu selama 4-5 bulan.


Baca juga: Pelatihan Wirausaha "Bubur Ayam Rempah dan Mie Ayam Baso"


Sampai pada hari Rabu, 17 November 2021 Tim Dana Mustadhafin hadir dalam proses panen perdana. Pada kesempatan ini, acara dihadiri langsung oleh Kepada Desa Jambeyan Bapak Selamet Prabowo bersama para petani untuk melakukan panen bersama.


Dalam sambutannya Kades Jambeyan sangat mengapresiasi program ini karena manfaatnya langsung dirasakan oleh para petani di desanya. Dan berharap program ini dapat terus berjalan berkelanjutan serta dikembangkan demi memberdayakan para petani.


Dari hasil panen perdana tersebut. Alhamdulillah dihasilkan sebanyak 3 ton bawang merah. Semoga melalui program pemberdayaan ini para petani lebih sejahtera dan Desa Jambeyan menjadi sentra bawang merah nasional dengan kualitas terbaik.


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya