Program Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Dana Mustadhafin




Peran usaha mikro bagi perekomian Indonesia sangat besar manfaatnya. Usaha mikro pun begitu mendominasi perekonomian di Indonesia. Namun di tengah lesunya perekonomian akhir-akhir ini membuat para pelaku usaha mikro kesulitan mengembangkan usahanya. Atas dasar ini Dana Mustadhafin menghadirkan sebuah program pemberdayaan untuk para pelaku usaha mikro.


Sejak 2019 dalam perannya mendorong pelaku usaha mikro untuk berkembang dan sejahtera, Dana Mustadhafin memberikan pinjaman tanpa bunga dan tenor waktu yang relatif lama dan tanpa agunan.


Baca juga: Menciptakan Pelaku Usaha Tangguh


Untuk mendapatkan pinjaman ini disyaratkan harus sudah memiliki usaha terlebih dahulu. Setelah itu mengajukan syarat-syarat yang sudah ditentukan, yaitu;

  1. Mengisi formular yang di dalamnya disertakan fotokopi Kartu Keluarga (KK), KTP suami-istri, dan untuk yang belum menikah harus disertakan fotokopi KTP orang tua.

  2. Memiliki produk dan usaha yang sudah berjalan minimal satu tahun.

  3. Jenis dan produk usahanya halal sesuai syariat Islam.

  4. Mendapatkan rekomendasi dari dua orang yang dapat dipercaya, misal ustaz / tokoh masyarakat.

Setelah pengajuan, nantinya tim dari Dana Mustadhafin akan melakukan survei, dan kemudian akan dianalisis dengan segera. Untuk saat ini lokasi hanya di sekitaran DKI Jakarta, tentu ini dikarenakan demi kemudahan survei dan pengawasan.


Kelebihan dari pinjaman pemberdayaan ini diberikan tanpa bunga sedikit pun, peminjam dana hanya diwajibkan membayar sesuai dengan nominal berdasarkan surat yang telah disepakati sebelumnya. Tenor yang diberikan adalah maksimal 12 bulan. Untuk pinjaman di bawah Rp. 5.000.000 tanpa disyaratkan agunan, tetapi di atas Rp. 5.000.000 wajib disertakan agunan, misal BPKB atau surat berharga lainnya. Maksimal pinjaman dana adalah sebesar Rp. 10.000.000.


Baca juga: Menciptakan Pelaku Usaha Tangguh


Kemudian pinjaman yang sudah dikembalikan adalah dana bergulir yang bisa disalurkan kepada pelaku-pelaku usaha lainnya sehingga diharapkan tercipta kemandirian dan kesejahteraan. Jadi program ini dihadirkan oleh Dana Mustadhafin untuk membantu mereka yang ingin mengembangkan usaha agar bisa berkembang.


Dana Mustadhafin #Peduli dan Terpercaya