Sedekah itu Kunci Rezeki

Diperbarui: 25 Jan


Allah Swt memerintahkan kita untuk bersedekah guna meringankan beban sesama. Selain mendatangkan pahala dan kebaikan Sedekah juga mendatangkan berkah dari Allah Swt berupa pembuka pintu rezeki. Banyak ayat dan hadis yang berbicara mengenai ini. Di antaranya:


  1. Allah Swt berfirman: “Dan barang siapa yang sedang disempitkan rezekinya, maka hendaknya ia menafkahkan sebagian rezeki yang Allah berikan padanya.” (QS. at-Thalaq: 7)

  2. Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)'. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba': 39)

  3. Rasulullah saw bersabda: “Perbanyaklah sedekah, niscaya kalian akan diberi rezeki.” (A’lam ad-Din, hadis ke-333)

  4. Imam Ali as berkata: “Mohonlah (kepada Allah) agar diturunkan rezeki, dengan bersedekah.” (Bihar al-Anwar, juz 7, hal. 68, hadis ke 13)

  5. Imam Ali as berkata: “Jika kalian jatuh miskin, maka berdaganglah dengan Allah melalui Sedekah.” (Nahj al-Balaghah, hikmah ke-258)

  6. Imam Ja'far Shadiq as berkata: Adakalanya, aku benar-benar jatuh miskin, maka aku pun berdagang dengan Allah melalui sedekah.” (Bihar al Anwar, juz 78, hal. 206, hadis ke-54)

  7. Imam Ja'far Shadiq as berkata, “Sedekah itu akan melunasi hutang dan mendatangkan keberkahan.” (Bihar al-Anwar, juz 96, hal. 134, hadis ke-68)

Baca juga Sedekah Memanjangkan Usia


Mizanul Hikmah