Sedekah Memanjangkan Usia



Alkisah, suatu hari Malaikat Izrail mendatangi Nabi Ibrahim as dan bertanya: “Siapa anak muda yang tadi mendatangimu wahai Ibrahim?”


Itu sahabat sekaligus muridku,” jawab Ibrahim.


Ada apa dia datang menemuimu?” tanya Izrail.


Dia menyampaikan bahwa dia akan melangsungkan pernikahannya besok pagi.” Nabi menjawab.


Wahai Ibrahim, sayang sekali umur anak itu tidak akan sampai besok pagi,” ucap sang Malaikat Maut.


Selesai berkata seperti itu Malaikat Izrail pergi meninggalkan Nabi Allah Ibrahim. Hampir saja Nabi Ibrahim tergerak untuk memberitahu anak muda tersebut, untuk menyegerakan pernikahannya malam itu juga dan memberitahu tentang kematian anak muda itu besok. Tapi langkahnya Sang Nabi terhenti, beliau memilih supaya ajal tetap menjadi rahasia Allah Swt.


Baca juga: Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat.


Esok paginya, Nabi Ibrahim ternyata melihat dan menyaksikan bahwa anak muda tersebut tetap bisa melangsungkan pernikahannya. Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun, Nabi Ibrahim malah melihat anak muda ini panjang umurnya. Hingga usia anak muda ini 70 tahun.


Kemudian Nabi Ibrahim bertanya kepada Malaikat Maut mengapa anak muda itu menjadi berumur panjang. Israil menjawab bahwa dirinya memang akan mencabut nyawa anak muda tersebut, tapi Allah menahannya.


Nabi Ibrahim penasaran dan bertanya: “Apa gerangan yang membuat Allah menahan tanganmu untuk tidak mencabut nyawa anak muda tersebut waktu dulu?.”


Izrail menjawab: "Wahai Ibrahim, di malam menjelang pernikahannya, anak muda tersebut menyedekahkan separuh dari kekayaannya. Dan ini yang membuat Allah memutuskan untuk memanjangkan umur anak muda tersebut, hingga engkau masih melihatnya hidup."


Dari kisah hikmah di atas dapat diambil pelajaran bahwa ajal memang betul sudah ditentukan oleh Allah Swt, tetapi Allah dengan kekuasaan dan kebijaksanaan-Nya dapat memundurkan ajal hamba-Nya, bahkan memajukannya.


Nah, salah satu hal yang membuat manusia menjadi panjang umur karena ajalnya telah ditangguhkan oleh Allah ﷻ adalah karena sedekah. Nabi Muhammad ﷺ menegaskan dalam sabdanya: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan usia.


Baca juga: Kewajiban Bersedekah.


Dalam hadis lain Rasul ﷺ bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah usianya, dan dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah). Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri


Yuk, mumpung hari Jumat berkah kita bersedekah, amal kebaikan pada hari agung ini dilipatgandakan. Sedekahnya dapat dilakukan di Dana Mustadhafin, lembaga filantropi yang peduli dan terpercaya.


Rekening Infak dan Sedekah:

BCA 375 302 4111

BNI 799 8383 032

CIMB Niaga Syariah 86 000 280 71 00

a.n Yayasan Dana Mustadhafin

Dana Mustadhafin

#PeduliDanTerpercaya