Beban Nava Begitu Ringan Menuju Kampung Abadi

Diperbarui: 7 Des 2021


Kematian itu karena izin Allah, seperti dalam surat Ali Imran ayat 145, Allah SWT berfirman: "Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan(pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang- orang yang bersyukur."


Pada akhir ayat di atas tertulis tentang bersyukur, apakah ada kaitannya kematian dan orang-orang yang bersyukur? Bukankah setiap manusia akan mengalami kematian. Maka layak direnungkan nasehat dari Imam Ali berikut ini: “Sejatinya tujuan Anda di hadapan Anda dan kematian Anda yang mendorong kalian dari belakang. Ringankanlah diri Anda, niscaya kelak menyusul (yang di depan). Akhir Anda hanyalah dinanti-nanti oleh awal Anda.”(Syarif Radhi, Nahjul Balaghah, khutbah Imam Ali a.s. ke-21.)


Baca juga: Dana Mustadhafin Kembali Adakan Pelatihan Pengurusan Jenazah


Tampaknya kata kunci "Ringankanlah" ini ada kaitanya dengan syukur itu, karena orang-orang yang bersyukur akan terasa ringan dalam hidupnya dan insyaAllah bekalnya cukup menuju kampung akhirat. Dan nasehat Imam Ali berikut ini juga menjelaskan hal senada di atas: “Ketahuilah di hadapan Anda suatu jalan yang berjarak jauh, dan penuh rintangan. Bahwa kalian tidak dapat mengelak untuk menempuhnya dengan tekad bulat. Cukupilah perbekalanmu sekadar meringankan beban punggungmu. Janganlah membebani punggungmu melampaui kemampuanmu sehingga beban itu menjadi bencana bagimu.(Syarif Radhi, Nahjul Balaghah, surat Imam Ali a.s. ke-31.)


Dan pada hari rabu tanggal 17 Nopember 2021 ini, Dana Mustadhafin kembali melayani jenazah Nava Aulia di Nuansa Kedaung dan dimakamkan di TPU Kedaung Pamulang Tangsel. Semoga almarhumah begitu ringan jiwanya menuju Allah, sehingga mendapatkan balasan yang begitu indah. Amin.


Baca juga: Dana Mustadhafin Sediakan Layanan Pemulasaraan Jenazah secara Gratis


Yayasan Dana Mustadhafin memiliki relawan yang siap apabila dibutuhkan untuk pemulasaraan jenazah, dari memandikan, mengafani (termasuk penyediaan kain kafan), mensalati, sampai untuk mengadakan majelis tahlil. Semua difasilitasi oleh Dana Mustadhafin tanpa pungutan biaya sepeser pun. Apabila Anda ingin berpartisipasi dan mendukung program ini, salurkan bantuannya melalui rekening BCA 375 302 4111 (dengan kode unik 016 di akhir nominal donasi). Misal Rp 100.016. Untuk menghubungi tim kami silakan kirim pesan atau panggilan telepon ke nomor 081385193714.


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya