Ganjaran Untuk yang Berbuat Kebaikan


“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan kejj, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi gajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS. An-Nahl: 90)


Terdapat banyak sekali ayat Alquran yang memerintahkan kita untuk senantiasa berbuat baik kepada orang lain. Perbuatan ini dapat diwujudkan pada berbagai hal, seperti memberikan pertolongan, menasihati untuk kebaikan, berbagi ilmu, memperlakukan orang dengan baik. Allah Swt berjanji akan memberikan ganjaran baik langsung di dunia maupun di akhirat berupa surga. Allah Swt berfirman:


“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Yunus: 26)


Baca juga: Berbuat Baik untuk Meraih Kesempurnaan


“Dan barang siapa mengerjakan kebaikan akan kami tambahkan kebaikan baginya.” (QS .asy-Syura: 23).


"Dan berbuat baiklah. Sungguh Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik." (QS al-Baqarah: 195)


"Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS al-A'raf: 56).


Ayat-ayat di atas juga menerangkan bahwa orang-orang yang berbuat baik akan dicintai-Nya, memperoleh rahmat-Nya dan tambahan kebaikan. Rasulullah ﷺ bersabda, "Barang siapa menolong saudaranya yang sedang dalam kebutuhan, maka Allah akan menolongnya dalam kebutuhannya."


Baca juga: Keharusan Berbuat Baik Terhadap Tetangga


Dalam hadis lain beliau bersabda: "Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun, walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan."


Sayidina Ali juga berkata: “Sebaik-baik bekal akhirat adalah berbuat baik kepada hamba-hamba Allah.”


Hadis di atas mendorong kita agar selalu berusaha menolong orang lain dan juga untuk berbuat baik kepada mereka tanpa meremehkan sedikit pun untuk hal-hal yang mudah dan kecil, seperti memperlihatkan wajah tersenyum, karena sebaik-baik bekal adalah berbuat baik. Maka mari kita senantiasa berbuat baik di setiap kesempatan yang kita miliki untuk memperoleh ganjaran yang besar dari Allah Swt.


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya