Hikmah Infak dan Sedekah



Infak dan sedekah adalah ibadah sosial yang diperintahkan Islam, dan orang-orang yang melakukan infak dan sedekah dijanjikan pahala besar oleh Allah Swt.


Dalam salah satu ayat-Nya Allah Swt berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)


Baca juga: https://www.danamustadhafin.com/post/menggapai-ketinggian-spiritualitas-dengan-sedekah


Sebagai ibadah sosial, infak dan sedekah harus dilakukan dengan suka rela atas dasar rasa syukur dan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.


Ternyata, hikmah atas infak dan sedekah tidak hanya berupa pahala yang besar di sisi Allah saja, tetapi juga berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Berikut di antaranya:


Mengeratkan Silaturahmi dan Persaudaraan


Infak dan sedekah bermanfaat untuk menguatkan persaudaraan atau ukhuwah Islam. Ibadah sosial ini dapat membantu orang-orang yang membutuhkan dari uluran tangan yang mampu atau memiliki kelapangan harta.


Menebar Kasih Sayang


Infak dan sedekah merupakan ekspresi kasih sayang kepada sesama makhluk Allah. Hal ini tergambar dalam sabda Nabi Muhammad Saw: “Hendaklah kamu saling memberi hadiah, karena ia akan mewariskan kecintaan dan menghilangkan kedengkian-kedengkian.


Baca juga: https://www.danamustadhafin.com/post/pandemi-covid-momentum-saling-berbagi-dan-membantu


Memberi Ketenangan Hati


Sedekah dapat menciptakan ketenangan hati. Ketika bersedekah akan muncul rasa senang karena telah memberi kepada mereka yang membutuhkan. Setelah itu, hati akan terasa lebih tenang dan lapang karena beban-beban terangkat dan digantikan dengan rasa senang karena telah membantu sesama.


Ternyata menurut penelitian, dengan melakukan kebaikan tubuh akan memproduksi hormon endorfin (hormone kebahagiaan) yang akan membuat suasana hati merasa tenang.


Nah, banyak sekali kan hikmah dari infak dan sedekah yang kita berikan di jalan Allah. Mumpung Jumat mari segera kita bersedekah. Jangan sampai terlewatkan kesempatan di hari agung ini.


Salurkan sedekah Anda melalui rekening:

BCA 375 303 8198

MANDIRI 070 00 06600576

a.n Yayasan Dana Mustadhafin

kode unik di akhir nominal 026, misal Rp 100.026

(Dana Siswa, untuk siswa binaan Dana Mustadhafin)