Kisah Keajaiban Basmallah

Diperbarui: 7 Des 2021



Dalam kitab Tuhfatul Ikhwan disebutkan ada seorang lelaki munafik yang memiliki seorang istri beriman yang selalu memulai segala urusannya dengan membaca basmalah. Karena kebiasaan ini dan karena begitu kuatnya keyakinan kepada apa yang dibacanya itu, sang suami menjadi sangat marah hingga ia kehabisan cara untuk melarang sang istri dari kebiasaannya itu.


Pada suatu hari, suami munafik itu menyerahkan sekantung kecil yang berisi gandum kepada istrinya, seraya berkata: "Simpanlah ini!"


Baca juga: Mengenal Arti Kehidupan Melalui Ayat-Ayat Alquran


Sang istri lalu mengambil karung itu sambil mengucapkan basmalah. Kemudian dia membungkusnya dengan sepotong kain; lagi-lagi dengan mengucapkan basmalah. Lantas, dia menyimpan itu di tempat tersembunyi, juga dengan mengucapkan basmalah.


Esok harinya, secara diam-diam sang suami mengambil karung gandum itu lalu membuangnya ke laut, dengan harapan, dapat menghapus keyakinan istrinya dan membuatnya putus asa. Setelah melakukan itu, dia kembali ke tokonya. Saat hari menjelang siang, datanglah seorang pemancing membawa dua ekor ikan untuk dijual. Orang munafik itu akhirnya membeli dua ikan tersebut dan membawanya ke rumah untuk dimasak sang istri untuk makan malam mereka.


Ketika membelah salah satu di antara dua ikan itu, sang istri melihat sekantong gandum dalam perut ikan itu. Sambil membaca basmalah, dia mengambilnya, lalu meletakkannya di tempat semula. Ketika malam tiba dan sang suami kembali ke rumah, perempuan itu menghidangkan dua ekor ikan yang telah dimasaknya. Sang suami pun memakannya. Ketika itu, sang suarni berkata kepadanya: “Bawalah kemari gandum yang telah kutitipkan padamu.


Baca juga: Kalimat Tauhid, Membebaskan Manusia dari Bergantung Kepada Selain Allah


Sang istri lalu bangkit dari duduknya, sambil membaca basmalah ia meletakkan kantung gandum itu di hadapan suaminya. Setelah menyaksikan gandum itu, sang suami munafik itu mendadak kaget, lalu ia bersujud. Akhirnya sang suami menjadi orang yang beriman berkat keajaiban mengamalkan mengawali segala sesuatu dengan membaca basmallah.


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya