Mengenal Arti Kehidupan Melalui Ayat-Ayat Alquran



Dalam Alquran banyak tersimpan ayat-ayat yang menjelaskan tentang makna kehidupan. Apabila kita mau belajar dan merenungkan, maka kita akan memiliki pegangan yang mampu menguatkan diri kita untuk menghadapi segala rintangan hidup. Mari kita simak ayat-ayat berikut ini:


1. “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat:56)


Ayat ini menjelaskan bahwa Allah Swt menciptakan manusia agar mereka beribadah dan menyembah-Nya. Dalam ayat lain Allah Swt berfirman: “Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi, melainkan akan datang kepada (Allah) Yang Maha Pengasih sebagai seorang hamba.” (QS. Maryam: 93)


Maka hendaknya semua perilaku dan sikap kita jangan seperti majikan atau layaknya orang-orang merdeka. Jadikan perilaku keseharian kita seperti seorang hamba. Ingatlah bahwa seorang hamba tidak harus melakukan semua yang ia inginkan, tapi yang wajib ia jalankan adalah melaksanakan apa yang diinginkan Tuannya yaitu Allah Yang Mahakuasa.


Baca juga: Biarlah Tertular Asal Kulihat Jasad Ayah


2. “Katakanlah (Muhammad), ‘Sesungguhnya segala urusan itu di tangan Allah.’” (QS. Ali Imran: 154)


Segala urusan ada di bawah kekuasaan Allah. Maka tidak perlu lagi ada rasa takut, sedih dan gelisah karena semua urusan kita ada ditangan-Nya!.


3. “Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.” (QS. Al-Mulk: 2)


Dari ayat ini kita bisa memahami bahwa seluruh masa dalam kehidupan kita adalah ujian. Waktu yang kita miliki adalah kesempatan untuk berlomba dalam kebaikan. Ingatlah selalu bahwa bayangan kematian begitu dekat, maka siapkan diri mulai dari sekarang karena tidak ada yang tahu kapan ajal akan tiba.


4. “Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.” (QS. Al-Kahfi: 7)


Segala keindahan di dunia ini adalah hiasan, dan semua hiasan itu sifatnya sementara. Semua ada masanya dan akan segera berakhir. Kita sering menghias rumah kita ketika menggelar acara tertentu, namun ketika acara itu telah selesai. Maka hiasannya juga ikut berakhir. Ayat ini hendak menyadarkan kita bahwa seluruh kenikmatan ini hanya hiasan yang sementara, maka gunakanlah semua fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dan jadikanlah semua fasilitas itu untuk bekal kita kelak di akhirat.


Baca juga: Lagi, Kepergian Bu Hajah Rukoyah dan Pesan Allah Kepada Kita yang Masih Hidup


5. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada hari ini sebagai penghitung atas dirimu.” (QS. Al-Isra: 14)


Segala sesuatu yang kita lakukan kelak akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah. Sekecil apapun perbuatanmu akan kau saksikan kelak di Mahkamah Allah Swt. Maka persiapkan semuanya dengan baik. Dalam ayat lain Allah berfirman: “Kitab apakah ini, tidak ada yang tertinggal, yang kecil dan yang besar melainkan tercatat semuanya.” (QS. Al-Kahfi: 49)


Itulah beberapa ayat yang perlu kita renungkan agar kita bisa memaknai dan memahami arti hidup yang sebenarnya.


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpecaya