Perbuatan Dosa yang Mendatangkan Dosa Lain



Dan tinggalkanlah dosa yang nampak dan yang tersembunyi. Sesungguhnya orang yang mengerjakan dosa, kelak akan diberi pembalasan (pada hari kiamat), disebabkan apa yang mereka telah kerjakan. (QS. Al-An’am: 120)


Banyak ayat dan riwayat yang menjelaskan tentang besar kecilnya bahaya yang ditimbulkan oleh dosa-dosa. Sehingga Alquran memerintahkan dengan keras untuk menjauhi perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam agama. Terdapat beberapa perbuatan dosa tertentu yang menyebabkan timbulnya berbagai macam perbuatan dosa lain, di antaranya:


Baca juga: Hal-hal yang Dapat Menghapus Dosa


Dengki


Sifat dengki menyeret seseorang pada berbagai macam dosa lain, seperti memfitnah, menuduh, berbohong, dan berniat jahat. Sayidina Jafar ash-Shadiq berkata: “Sesungguhnya kedengkian memakan iman sebagaimana api memakan kayu (bakar).


Bakhil dan Rakus


Sifat bakhil menyebabkan seseorang tidak menunaikan zakat, tidak membayar khumus, dan meninggalkan sedekah. Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib ra berkata: “Sifat bakhil dapat mengumpulkan sifat-sifat buruk lainnya dan sifat tersebut merupakan kendali yang akan memaksa pelakunya ke arah keburukan.


Sifat rakus juga menyebabkan timbulnya berbagai macam dosa lain, seperti mengurangi timbangan, melakukan monopoli, menjual dengan harga mahal, menerima suap, dan sifat-sifat buruk lainnya.


Bohong


Sifat bohong bagaikan kunci yang membuka pintu-pintu kejahatan lain. Sayidina Hasan al-Askari berkata: “Semua keburukan dijadikan (berada) dalam satu ruangan dan kuncinya adalah kebohongan.


Baca juga: Kisah Hikmah: Tangis Taubat Sang Pendosa


Marah dan Akhlak Buruk


Keduanya merupakan cela yang menyebabkan tumbuhnya sifat mengumpat, menggunjing, permusuhan, dan berbagai keburukan lain. Sayidina Hasan al-Askari berkata: “Marah merupakan kunci dari semua kejahatan.


Terdapat pula cela dan dosa-dosa lain yang menyebabkan timbulnya kejahatan dan dosa-dosa lain, seperti buruk sangka, makan makanan haram, minum khamar, memata-matai, takut, sombong, dan sebagainya.


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya