Program GDS Asah Karakter Siswa


Alhamdulillah… akhirnya peserta Program Gerakan Dana Siswa (GDS) Dana Mustadhafin kembali kumpul bareng di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Juni 2022. Mereka bertatap muka lagi dalam acara pembinaan dan penerimaan dana siswa.


Divisi Pendidikan Dana Mustadhafin memang rutin memfasilitasi pertemuan peserta GDS baik online maupun offline. Dengan demikian, mereka bisa menerima program penguatan mental, spiritual dan soft skill secara berkala dalam setiap pertemuan.


Kali ini Ustaz Ilyas yang menyampaikan motivasi kepada mereka. Ustaz Ilyas memberikan tips bagaimana siswa-siswi dapat tumbuh dalam bimbingan syariat.


Menurut Ustaz Ilyas, karakter manusia dibentuk oleh tiga hal:

Pertama, manusia menerima pendidikan untuk pertama kali dari kedua orang tua. Dimulai sejak dalam kandungan, buaian, tumbuh di dalam rumah atau lingkungan orang tua.


Kedua, ketika manusia berhubungan dengan lingkup yang lebih luas lagi, seperti masyarakat, alam semesta dan Tuhan.


Ketiga, syariat yang mengatur seluruh proses perjalanan pendidikan manusia. Dalam syariat terkandung hukum dan hak-hak bagi setiap manusia.


“Dan kita menyakini bahwa syariat yang sempurna adalah syariat agama Islam,” katanya. Oleh sebab itu, pendidikan utama manusia ketika ia menjadikan Alquran, sunnah dan doa, sebagai pedoman hidupnya.


Atas dasar inilah, Ustaz Ilyas mengajak peserta didik untuk selalu mendalami ilmu agama Islam. Semakin dalam seseorang mendalami pesan agama, semakin besar cinta kasihnya terhadap sesama manusia. Karena pesan agama mengajak kepada kesempurnaan hidup sebagai manusia.


Baca juga: Membangun Kekuatan Mental dalam Diri


Selain motivasi, Dana Mustadhafin memberikan materi Public Speaking yang dipandu oleh Kak Husain Aqil dari Universitas Indonesia. Pada sesi ini, peserta belajar keterampilan berbicara di depan umum dengan percaya diri.


Bagi siswa SD, Kak Husain melatih dengan meminta mereka bercerita di depan teman-temannya. Mereka diminta mengungkapkan yang telah mereka gambar untuk disampaikan kepada teman-temannya.


Bagi siswa SMP dan SMA, mereka diminta untuk berkelompok. Kemudian, satu per satu menyampaikan nama dan hobinya kepada teman-temannya.


Demikian program GDS berlangsung selama 2 jam. Acara ditutup dengan penyaluran dana siswa yang merupakan kontribusi dari para orang tua asuh.


Saat ini, melalui program Orang Tua Asuh (OTA), Dana Mustadhafin dapat menyalurkan manfaat dana siswa kepada 139 peserta. Mereka berasal dari jenjang SD hingga SMA dan merupakan anak-anak dari keluarga pra-sejahtera.


Mari kita dukung Program Pendidikan Dana Siswa ini melalui: BCA 375 303 8198 MANDIRI 070 00 0660057 6 a.n Yayasan Dana Mustadhafin