top of page

Siapakah Orang yang Paling Dibenci oleh Allah Swt?



Orang-orang yang dibenci Allah Swt pada dasarnya disebabkan oleh perilaku mereka sendiri yang mengundang kemurkaan-Nya, jadi apa yang Allah Swt benci sejatinya adalah karena kekurangajaran sang hamba kepada Tuhannya. Di dalam hadis Rasulullah Saw dan para Imam as banyak disebutkan. Berikut kami kutipkan dari kitab Mizanul Hikmah:


Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya makhluk yang paling dibenci oleh Allah adalah tiga golongan, yaitu: orang yang banyak tidur di siang hari, sementara dia tidak mengerjakan salat (tahajud) di malam hari sedikit pun; seorang yang banyak makan dan tidak menyebut nama Allah pada waktu makannya dan tidak pula memuji-Nya (setelahnya);dan orang yang banyak tertawa tanpa ada sesuatu yang mengherankannya.” (Kanz al-Umal, hadis ke-21431)



Rasulullah saw bersabda: "Manusia yang paling dibenci oleh Allah adalah tiga (golongan), yaitu: yang kafir di tanah suci (Makkah dan Madinah), yang menghendaki sunah jahiliah di dalam Islam, dan yang hendak menumpahkan darah orang lain tanpa alasan yang benar untuk membunuhnya." (Kanz al-Umal, hadis ke-43833)


Rasulullah Saw bersabda: “Orang-orang yang paling dibenci oleh Allah di antara kalian adalah orang-orang yang suka mengadu domba (tukang fitnah), orang-orang yang suka memecah belah di antara sesama saudara, dan orang-orang yang mencari-cari kesalahan orang-orang yang tidak bersalah.” (Bihr al-Anwar, jil. 71, hal. 383, hadis 17)


Rasulullah Saw bersabda: “Sesungguhnya orang-orang yang paling aku benci dan yang paling jauh dariku pada Hari Kiamat adalah; orang-­orang yang banyak bicara, orang-orang yang berbicara dengan gembar­-gembor, dan al-mutafaiqihin [orang-orang yang sombong]. (Kanz al-Umal, hadis ke-5184)



Imam Ali as berkata: “Sesungguhnya makhluk Allah yang paling dibenci oleh-Nya adalah orang yang suka mengumpulkan ilmu namun tenggelam di dalam kegelapan fitnah, buta dengan apa yang ada di dalam perkara gaib yang tersembunyi, orang-orang yang serupa dengannya menamainya alim, padahal tidak sehari pun ilmunya bermanfat bagi dirinya.” (Kanz al-Umal hadis ke-4422)


Imam Ali as berkata: “Orang yang paling dibenci oleh Allah adalah orang yang suka membicarakan kejelekan orang lain [mengumpatnya].” (Ghurar al-Hikam. hadis ke-3128)

Imam Ali as berkata: “Hamba yang paling dibenci oleh Allah Yang Mahasuci adalah yang perhatiannya adalah perut dan kemaluannya.” (Ghurar al-Hikam, hadis ke-3294)


Imam Ali as berkata: “Hamba yang paling dibenci oleh Allah Yang Mahasuci adalah seorang alim yang angkuh.” (Ghurar al-Hikam, hadis ke-3164)


Imam Muhammad Baqir as meriwayatkan bahwasanya Nabi Musa as di dalam munajatnya kepada Allah Swt bertanya: “Wahai Tuhanku, siapakah hamba-Mu yang paling Engkau benci?” Lalu Allah Swt berfirman: “Bangkai di malam hari (yakni tidur sepanjang malam) dan penganggur di siang hari.” (Bihar al-Anwar, jil. 76, hal. 180, hadis ke-8)


Imam Ja’far Shadiq as berkata: “Sesungguhnya manusia yang paling dibenci oleh Allah adalah seorang hamba yang lidahnya ditakuti oleh orang­-orang.” (Al-Kafi. jil. 3, hal. 323, hadis ke-4)


bottom of page