top of page

Akhlak Nabi Terhadap Masyarakat Umum

Diperbarui: 7 Des 2021



Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas akhlak yang agung.” (QS. Al-Qalam: 4)


Ayat di atas berbicara secara eksplisit bahwa akhlak yang dimiliki Nabi Muhammad ﷺ adalah sangat agung. Akhlak yang dimiliki beliau sempurna, baik kepada keluarga, sahabat, dan masyarakat. Jika sebelumnya kita sudah membahas akhlak nabi terhadap para sahabatnya secara khusus, kali ini kita akan membahas akhlak beliau kepda masyarakat secara umum diriwayatkan oleh para sahabat dan tabiin.



Dikatakan oleh Abu Waqid bahwa Nabi Muhammad ﷺ jika menjadi imam salat, beliau melaksanakannya secara cepat, ini dikarenakan beliau memahami bahwa di antara jamaahnya mungkin ada yang sudah renta atau ada yang sedang memiliki hajat yang harus ditunaikan, dan agar mereka tidak merasa malas untuk melaksanakan salat berjamaah. Namun sebaliknya ketika salat sendirian beliau akan berlama-lama melaksanakaanya karena menikmati perjumpaannya dengan Rabbnya Allah ﷻ. Riwayat ini termuat dalam Musnad Ahmad.


Akhlaknya yang lain diriwayatkan Abdullah bin Bisr berkata: “Jika Rasulullah ﷺ mendatangi pintu seseorang, beliau tidak berdiri menghadapinya, tetapi berdiri di samping kanan atau kiri dan beliau mengucapkan Assalamu'alaikum.” (Musnad Ahmad).


Auf bin Malik berkata: “Jika sampai kepada beliau harta rampasan, maka beliau membaginya pada hari itu juga. Beliau memberi orang yang sudah berkeluarga dua bagian dan memberikan yang masih lajang satu bagian.” (Sunan Abu Dawud)


Abu Musa berkata: “Jika beliau mengutus seseorang dari sahabatnya untuk sebuah misi tertentu, beliau berkata: 'Sampaikanlah kabar gembira, janganlah kalian menakuti-nakuti mereka; berikan kemudahan, dan jangan kalian mempersulit.’” (Sunan Abu Dawud)


Anas bin Malik banyak menceritakan tentang akhlak mulia beliau ﷺ terhadap masyarakat, di antaranya:


Beliau adalah orang yang sangat penyayang. Tiada seorang pun datang kepadanya kecuali beliau memberi janji dan menepati janjinya.” (Shahih Bukhari)


Pernah beliau turun dari mimbar pada hari Jum'at, lalu seseorang berbicara dengan beliau tentang sebuah kebutuhan dan beliaupun memenuhinya. Kemudian beliau maju ke depan lalu salat.” (Musnad Ahmad)


Apabila ada orang memberi baiat kepada beliau maka beliau akan menyampaikan kepada mereka, “semampuku (untuk melaksanakannya).” (Musnad Ahmad)


Beliau tidak pernah menghadapi seseorang dengan sesuatu yang tidak disukai oleh orang tersebut.” (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Bukhari, Muslim, dan Nasa'i)


Jabir bin Abdulah juga berkata: “Dalam perjalanan beliau menempatkan diri di belakang (kafilah) sehingga dapat membantu orang yang lemah, menuntunnya dan mendoakan mereka.” (Sunan Abu Dawud dan Mustadrak al-Hakim)



Handzalah bin Huzaim berkata: “Beliau suka memanggil seseorang itu dengan nama dan julukan yang paling disukai.” (Musnad Abu Ya'la dan al-Mu'jam al Kabir al-Thabrani)


lbnu Amr berkata: “Beliau tidak suka seseorang itu berjalan di belakangnya, tetapi (beliau suka) di samping kanan atau kirinya.” (Mustadrak al-Hakim).


Imam Ali bin Husain al-Sajjad berkata: “Beliau jika memberikan tugas kepada orang sesuai dengan kemampuannya.” (al-Kafi)


Imam Ja'far al-Shadiq berkata: “Termasuk kasih sayang beliau kepada umatnya adalah mengajak mereka bergurau agar seseorang jangan sampai segan karena menghormatinya sehingga tidak menatap beliau.” (Kasyf al-Rabal)


Dalam Ihya Ulumudin Al-Ghazali menulis: “Beliau mendahulukan sandaran bantalnya kepada orang yang datang kepadanya. Apabila orang itu menolaknya, maka beliau memaksanya sehingga ia menerimanya.


Syeikh al-Thabarsi dalam Makarim al-Akhlaq juga menuliskan: “Beliau tidak membiarkan seseorang berjalan kaki bersamanya jika beliau berkendaraan, sampai beliau memboncengnya. Jika orang itu tidak mau, maka beliau berkata, 'Majulah ke depan dan beritahukan kepadaku tempat yang kamu inginkan.’”


Dana Mustadhafin

bottom of page