top of page

Kunci Meraih Kemudahan Hidup


Dunia ini diciptakan sebagai tempat ujian dan cobaan. Setiap yang hidup di atas muka bumi ini pasti akan menghadapi ujian. Ujian tidak hanya soal kesusahan, tapi kesenangan dan ketentraman hidup juga ujian yang tak mudah dilewati oleh manusia. Karenanya segala kondisi dalam hidup ini adalah ujian, maka seringkali manusia akan menemui kesulitan, tantangan dan rintangan yang mengganggu ketenangan hidupnya. Namun pada dasarnya Allah hanya menginginkan kemudahan bagi manusia.


Dalam salah satu ayat-Nya Allah Swt berfirman: “Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 185)


Dalam segala hal Allah Swt menginginkan kemudahan bagi kita, bahkan ketika pertama kali seseorang dilahirkan, Allah berfirman: “Kemudian jalannya Dia mudahkan.” (QS. 'Abasa: 20)



Di sisi lain Allah menjamin bahwa dibalik setiap kesulitan yang kita hadapi, pasti ada kemudahan dan jalan keluar. “Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 5)


Ayat-ayat di atas memberi gambaran kepada kita bahwa sebenarnya Allah hanya menginginkan kemudahan bagi hamba-Nya, lalu pertanyaannya bagaimana cara meraih kemudahan itu? Apa kunci kunci untuk mendapatkan kemudahan dalam hidup? Berikut kami kutipkan dari buku Kado dari Alquran karya Sayyid Muhammad Alwi:


1. Iman dan Amal Saleh.


"Adapun orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, maka dia mendapat (pahala) yang terbaik sebagai balasan, dan akan kami sampaikan kepadanya perintah kami yang mudah-mudah.” (QS. Al-Kahfi: 88)


2. Membangun Ketakwaan Dalam Diri.


Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq: 4)



3. Menginfakkan Harta Sesuai Kemampuan.


Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. (QS. Ath-Thalaq: 7)


4. Memberi, Bertakwa dan Percaya Janji Allah


"Maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (surga) maka akan kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan)." (QS Al-Lail: 5-7)


Bagi setiap kita yang sedang menghadapi kesusahan, maka ambil dan peganglah kunci-kunci di atas. Karena semua kunci ini adalah pembuka segala kemudahan yang dijanjikan oleh Allah Swt.


Dana Mustadhafin

bottom of page