Semua Manusia Pernah Sakit Adalah Tanda Manusia Harus Saling Membantu


Jika kita merenung lebih mendalam lagi dan bertanya apakah ada manusia yang tidak pernah sakit selama hidupnya? Sudah pasti kita tak akan bisa menemukan orang yang tidak pernah sakit selama hidupnya. Dan disinilah hikmahnya bahwa manusia memang makhluk ciptaan yang begitu lemah, sehingga untuk bisa kuat, manusia harus saling membantu, disitulah sifat kasih sayang Allah bersemayam, siapa yang membantu saudaranya, berarti ia meneruskan kasih sayang Allah ke sesama makhluk ciptaanNya.

Disamping itu, sakit sejatinya bukan untuk dikeluhkan, meski bagaimanapun keluhan yang terlontar, toh tidak akan membantu penyembuhannya, karena sakit punya sistem tersendiri yang sudah diatur oleh Allah SWT, dan hikmah terbesar sakit selain mengingat akan kebesaran Allah SWT, juga ternyata bisa menghapuskan dosa-dosa manusia, sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda, “Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan menghapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi.” (HR. Muslim)

Sakit ternyata bisa juga menjadi sumber kebaikan, tentu dengan syarat seseorang bisa bersabar dengan sakit itu. Dan hadis berikut ini, sesuai riwayat dari Muslim, mengabarkan bahwa “Sungguh semua urusan bernilai kebaikan, tidak terkecuali bagi Mukmin. Jika mendapatkan kebaikan ia bersyukur, dan ketika mendapatkan kesusahan ia bersabar.” (HR. Muslim). Sakit tidak selamanya adalah musibah melainkan sakit bisa menjadi sebuah nikmat yang penuh dengan hikmah.

Baca juga: Usaha dan Doa Seiring Sejalan Dalam Pengkhidmatan Tim Mobil Sehat

Sudah jelas orang yang sakit akan sulit melakukan perbuatan dosa sehingga setan enggan menggodanya, justru dengan bersabar, bisa jadi Allah semakin menguatkan jiwanya dan memberinya pahala dengan kesabarannya itu, bagaimana pun, Allah SWT maha pengasih juga penyayang, selalu ada obat bagi manusia.

Sebagai kewajiban kemanusiaan, Dana Mustadhafin berperan serta dalam membantu masyarakat yang sakit berupa program layanan Mobil Sehat secara gratis. Seperti yang terjadi pada warga Sukamaju Baru Rt 005 RW 05, pemuda yang berusia 27 tahun dan tak berdaya itu membutuhkan bantuan pada tanggal 24 Desember 2021, Mobil Sehat langsung menjemput pemuda warga Sukamaju itu di rumah kediamannya, kemudian di bawa langsung ke Rumah Sakit Bogor.

Baca juga: Respon Cepat Layanan MOBIL SEHAT

Mengetahui hal itu, ibu dari sang pemuda tak mampu membendung air matanya, beliau terharu, menangis, layanan Mobil Sehat gratis cukup efektif meringankan beban sang ibu, apalagi ayah dari pemuda itu sudah tiada, sang pemuda selain sakit, ia pun sudah yatim, tentu berat bagi seorang ibu. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmatnya kepada Ibu dan anaknya yang sakit, amin.

Jika suatu saat Anda membutuhkan Layanan Mobil Sehat ini, bisa menghubungi 081385193714, silahkan disimpan nomornya, Anda dapat mengirim pesan atau panggilan telepon. Dan bila ingin berpartisipasi dan mendukung program Mobil Sehat ini, dapat transfer ke rekening BCA 375 302 4111 (dengan kode unik 016 di akhir nominal donasi). Misal Rp 100.016, atau langsung ke halaman ini untuk lebih jelasnya: https://www.danamustadhafin.com/donasi

Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya