Sifat dan Ciri Orang-orang Saleh



Alquran secara gamblang mengatakan tentang sifat dan ciri-ciri kesalehan seorang muslim. Dalam firman-Nya di surah Ali-Imran ayat 113 – 114 Allah Swt berfirman:

"….Mereka membacakan ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud. Mereka beriman kepada Allah di hari penghabisan. Mereka menyeru yang makruf dan mencegah yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) berbagai kebajikan. Mereka itu termasuk orang-orang saleh."


Allah Swt juga kembali menyebutkan ciri golongan orang saleh dalam surah Al-Ankabut ayat 9: "Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh benar-benar akan Kami masukkan mereka ke dalam (golongan) orang-orang yang saleh."


Baca juga: Keharusan Berbuat Baik Terhadap Tetangga.


Jelas bahwa sifat dan ciri orang saleh adalah mereka yang:

  • Beriman kepada Allah Swt dan Hari Akhir

  • Senantiasa membacakan ayat-ayat-Nya

  • Melakukan salat malam

  • Mengajak kapada kebaikan dan mencegah kemungkaran

  • Bersegera mengerjakan kebajikan

Sudahkah kita mengerjakan semua poin tersebut? Sebagai mukmin kita wajib untuk terus berusaha menuju peringkat golongan orang-orang saleh. Dan dari kelima poin di atas yang masih perlu dijabarkan sedikit adalah bersegera mengerjakan kebajikan. Seperti apakah berbuat kebajikan itu?


Alquran kembali menjelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 177: “Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.


Baca juga: Perbuatan Baik Akan Membawa Keselamatan.


Jadi dapat ditambahkan di antara sifat dan ciri orang saleh adalah:

  • Memiliki akhlakul karimah terhadap keluarga, tetangga, dan lingkungan sosialnya.

  • Memberikan sebagian dari harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta.

  • Menepati janjinya apabila ia berjanji.

  • Sabar dalam kesempitan, dan penderitaan.


Islam telah mengatur kehidupan ini dengan sangat sempurna, semua yang sudah ditetapkan kepada makhluk-Nya adalah apa yang terbaik baginya. Meski dalam pandangan Islam kehidupan dunia ini sifatnya fana dan seringkali menipu tetapi kita diperintahkan untuk bersungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan ini, dengan bekerja keras dan menjalin hubungan yang baik dengan sesama makhluk-Nya. Tidak bisa kita hanya fokus pada ritual agama semata tetapi melupakan kehidupan sosialnya.


Dana Mustadhafin

#PedulidanTerpercaya